Sukses

HUT Jakarta, Djarot Sebut Warga DKI Dapat Kado Kota Terpolusi

Djarot mengingatkan dalam ulang tahun juga Pemprov DKI Jakarta harus melakukan introspeksi apakah janji kampanye Anies sudah terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyampaikan selamat untuk Jakarta yang merayakan HUT ke-485 hari ini, Rabu 22 Juni 2022.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun Jakarta yang ke 495, ya sekarang berganti menjadi istilahnya hajatan,” kata Djarot di Sekolah Partai PDIP, Rabu (22/6/2022).

Djarot mengingatkan dalam ulang tahun juga Pemprov DKI Jakarta harus melakukan introspeksi apakah janji kampanye Anies sudah terpenuhi.

“Ulang tahun itu kan kita harus intrsopeksi. Kita harus mengevaluasi, apa yang sudah dilakukan oleh kita oleh jakarta, apa yang sudah dinikmati oleh rakyat, apakah janji janji program program pemerintah DKI, janji-janji waktu kampanye itu terwujud?” kata dia.

Djarot justru mengaku heran kado HUT yang didapat warga DKI adalah tingkat polusi udara yang tinggi.

“Kita mendapatkan kado misalnya, kita kaget, Jakarta menjadi kota dengan tingkat polusi yang tinggi se-Asia apa ya, sedunia? Ok. Kalau begitu ada sesuatu yang perlu kita evaluasi. Contoh misalnya berapa ruang terbuka hijau,” tegasnya.

Djarot juga menyampaikan kritiknya terkait banyak istilah baru yang digunakan pemda DKI di bawah Anies Baswedan, di antaranya Hajatan dan kolaborasi.

“Tapi motonya ini bawahnya ini kok enggak boso (bahasa) betawi yo, bahasa kita ya, ada apa, kolaborasi, ada akselerasi, ada, ini yang punya hajatan kan rakyat, nah rakyat kan harusnya yakin ya paham ya. Opo sih kolaborasi itu? Oh gotong royong, kan gitu ya. Apa sih akselerasi itu, oh percepatan,” kata Djarot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perayaan HUT Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta di Monumen Nasional (Monas) hari ini, Rabu (22/6/2022).

Anies datang pada pukul 07.18 WIB didamping istrinya Ferry Farhati. Bersamaan dengan Anies hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria beserta istri Ellisa Sumarlin.

Anies nampak mengenakan baju adat khas Betawi yaitu jas berwarna hitam dan celana warna hitam dengan kain batik terikat di pinggang.

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berbicara tentang perjalanan panjang Jakarta. Menurut Anies dalam sejarah bangsa Indonesia, Jakarta juga ikut memberikan dampak.

"Kita mulai bersyukur, di pagi yang cerah dan teduh kita diberi nikmat kesehatan, bersama-sama di Medan Merdeka, mengikuti upacara peringatan HUT Jakarta. Perjalanan panjang ibu kota, begitu banyak sejarah, begitu besar dampaknya perjalanan bangsa," kata Anies.

Tak lupa Anies mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada seluruh petugas, kepala daerah, ASN, dan jajarannya yang berkontribusi dalam membawa perubahan dan kemajuan Jakarta.

Anies menjelaskan perjuangan kota yang hampir menyentuh angka 500 ini tidak pernah berhenti. Anies menyebut Jakarta selalu berbenah melakukan pembaharuan termasuk di tahun 2022.

"Perjuangan kota kita hampir mencapai 500 tahun, kota ini tdk pernah berhenti utk berbenah. Jakarta terus menerus melakukan pembaharuan, termasuk tahun ini, tahun ini kali pertama kita selenggarakan upacara di lapangan sisi selatan medan merdeka," jelas Anies.

Anies menyatakan kawasan Monas yang sudah dibuka setelah mengalami revitalisasi di akhir 2019 juga menjadi cerminan pembangunan di Jakarta yang terus membaik.

"Lapangan yang kita gunakan, cerminkan rencana awal pembangunan kawasan Monas, dimana sisi selatan digunakan khusus untuk upacara. Alhamdulillah rencana itu kita tunaikan, setelah sebelumnya tidak punya lapangan khusus," kata dia.

Sebelumnya, upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai Inspektur upacara Anies Baswedan, Asisten Pemerintahan DKI Sigit Wijatmoko selaku Komandan Upacara.

Upacara Perayaan HUT Jakarta ke-495 ini dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring). Disediakan satu layar ukuran besar dan satu layar ukuran kecil yang menampilkan rangkaian acara yang sedang berlangsung.

3 dari 3 halaman

Naik MRT dan LRT Gratis

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syarif Liputo menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang tarif gratis layanan armada Transjakarta, MRT, dan LRT. SK tersebut sebagai rangkaian HUT Jakarta.

"Transjakarta BRT dan non BRT atau feeder MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp0," demikian bunyi diktum kesatu dalam SK yang dikutip pada Selasa (21/6/2022).

Selain itu, layanan Mikrotrans, layanan Rusun, bus wisata Transjakarta Cares, dan penugasan transportasi Jakarta lainnya sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka penugasan sebesar Rp0.

Syafrin menuturkan, layanan gratis bagi masyarakat tertentu sesuai Peraturan Gubernur Jakarta nomor 160 tahun 2016 tentang pelayanan Transjakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Gubernur nomor 133 tahun 2018 tetap berlaku.

SK ini ditandatangani oleh Syafrin pada 21 Juni 2022.

Kendati demikian, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan tarif khusus layanan Transjakarta pada Rabu (22/6) sebesar Rp1.

"PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerapkan tarif Rp1 yang bisa dinikmati mulai pukul 00.00 -23.59 WIB," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor, Selasa (21/6).

Kebijakan tarif Rp1 berlaku pada seluruh layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

Kedua layanan tersebut beroperasi dengan tarif normal yakni Royaltrans Rp20.000 dan Mikrotrans Rp0.

"Tarif spesial ini merupakan bentuk cinta kami kepada pelanggan dan juga Ibukota DKI Jakarta, di mana tempat Transjakarta mengaspal setiap hari," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.