Sukses

Top 3 News: Prediksi Pilpres 2024 Mendatang Hanya Diikuti Dua Pasangan Calon

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait sudah dimulainya geliat Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 sudah mulai nampak, meski masih dua tahun lagi berlangsung.

Hal itu bisa dilihat dari sudah mulai munculnya relawan-relawan pendukung dari para bakal calon presiden (capres) yang menjagokan pilihannya masing-masing.

Salah satunya datang dari pendukung Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, Laskar Ganjar Puan (LGP) yang menghelat Musyawarah Nasional (Munas) di Blitar, Jawa Timur.

Pada Munas tersebut, Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan (LGP), Mochtar Mohamad memprediksi bahwa Pilpres 2024 hanya akan diikuti dua pasangan calon saja dan akan berlangsung hanya satu putaran.

Kemudian, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Bendum PBNU) Mardani H Maming agar bisa pergi ke luar negeri.

Pencegahan keluar negeri oleh Imigrasi terhadap Mardani Maming ini dilakukan atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rupanya, hal tersebut juga dibenarkan Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh. Menurut Achmad, Maming dicegah bepergian ke luar negeri sejak 16 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait diumumkannya hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Barat atau PPDB Jabar 2022 tahap 1 jenjang SMA, SMK, dan SLB pukul 14.00 WIB pada Senin 20 Juni 2022.

Informasi tersebut diketahui dari laman resmi Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) @disdikjabar.

Dijelaskan Disdik Jabar, pengumuman hasil PPDB Jabar 2022 tahap 1 jenjang SMA, SMK, dan SLB bisa dilihat melalui laman resmi ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 20 Juni 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Pilpres 2024 Diprediksi Hanya Ada Dua Pasangan Calon

Geliat Pilpres 2024 sudah mulai terasa sejak saat ini. Sejumlah kelompok relawan pendukung sudah tancap gas mengusung tokoh jagoannya agar dapat berkontestasi pada pesta demokrasi.

Salah satunya, datang dari pendukung Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, Laskar Ganjar Puan (LGP) yang menghelat Musyawarah Nasional (Munas) di Blitar, Jawa Timur.

Pada Munas tersebut, Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan (LGP), Mochtar Mohamad memprediksi bahwa Pilpres 2024 hanya akan diikuti dua pasangan calon saja dan akan berlangsung hanya satu putaran.

Menurut dia, hal itu dapat tercipta saat hitungan koalisi antar partai sudah semakin terlihat.

"Melihat skenario koalisi besar partai pendukung Pemerintah Jokowi dipimpin PDI Perjuangan dan koalisi Partai NasDem dengan partai oposisi seperti partai Demokrat dan PKS," kata Mochtar dalam keterangan pers diterima, Senin 20 Juni 2022.

Mochtar juga meyakini, peta itu akan semakin jelas setelah Rakernas PDIP dilangsungkan pada 21-23 Juni 2022 mendatang. Sebab, semua akan tergantung kepada titah sang Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Mardani Maming Dicegah ke Luar Negeri oleh KPK, Imigrasi: Sudah Tersangka

Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Bendum PBNU) Mardani H Maming dicegah ke luar negeri oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pencegahan keluar negeri oleh Imigrasi terhadap Mardani Maming ini dilakukan atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh membenarkan pencegahan Maming ke luar negeri. Dia menyebut, Maming dicegah sejak 16 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan.

"Betul. Berlaku sejak 16 Juni 2022 sampai 16 Desember 2022," ujar dia dalam keterangannya, Senin 20 Juni 2022.

Dia menyebut, Maming dicegah lantaran sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

"(Dicegah sebagai) tersangka," kata dia.

Mardani Maming diketahui sempat diperiksa oleh KPK pada, 2 Juni 2022. Tak hanya Mardani, KPK juga pernah meminta keterangan dari adik Mardani, yakni Rois Sunandar pada 9 Juni 2022.

Mardani diduga terlibat dalam kasus suap izin usaha pertambangan (IUP) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Cek Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jabar 2022 Siang Ini, Begini Caranya

Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Barat atau PPDB Jabar 2022 tahap 1 jenjang SMA, SMK, dan SLB diumumkan pada Senin (20/6/2022) pukul 14.00 WIB siang ini.

Informasi tersebut diketahui dari laman resmi Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) @disdikjabar, Senin 20 Juni 2022.

Dijelaskan Disdik Jabar, pengumuman hasil PPDB Jabar 2022 tahap 1 jenjang SMA, SMK, dan SLB bisa dilihat melalui laman resmi ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

"Pengumuman hasil seleksi PDDB melalui sekolah dan portal PPDB 20 Juni 2022 pukul 14.00 WIB," tulis foto yang diunggah Disdik Jabar @disdikjabar, Senin 20 Juni 2022.

Kemudian dijelaskan pula, pengumuman bisa dilihat di sekolah pendaftar masing-masing.

"Halo

#WargiDisdikJabar!

.

Buat kalian yang hari ini sedang menunggu pengumuman hasil seleksi PPDB Tahap 1, Mimin sampaikan waktunya pada infografis di atas, ya!

.

Mohon ditunggu!😊

.

Oh iya, kalian bisa mengambil hasil pengumumannya ke sekolah tujuan (sekolah tempat mendaftar) atau bisa dilihat di website PPDB di https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id

.

Semoga berhasiiill!🤗

.

PPDB 2022, "Sekolah Merdeka Jabar Juara"!," jelas unggahan foto Disdik Jabar @disdikjabar.

 

Selengkapnya...