Sukses

Pilpres 2024 Diprediksi Hanya Ada Dua Pasangan Calon

Geliat Pilpres 2024 sudah mulai terasa sejak saat ini. Sejumlah kelompok relawan pendukung sudah tancap gas mengusung tokoh jagoannya agar dapat berkontestasi pada pesta demokrasi.

Liputan6.com, Jakarta Geliat Pilpres 2024 sudah mulai terasa sejak saat ini. Sejumlah kelompok relawan pendukung sudah tancap gas mengusung tokoh jagoannya agar dapat berkontestasi pada pesta demokrasi.

Salah satunya, datang dari pendukung Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, Laskar Ganjar Puan (LGP) yang menghelat Musyawarah Nasional (Munas) di Blitar, Jawa Timur.

Pada Munas tersebut, Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan (LGP), Mochtar Mohamad memprediksi bahwa Pilpres 2024 hanya akan diikuti dua pasangan calon saja dan akan berlangsung hanya satu putaran.

Menurut dia, hal itu dapat tercipta saat hitungan koalisi antar partai sudah semakin terlihat.

"Melihat skenario koalisi besar partai pendukung Pemerintah Jokowi dipimpin PDI Perjuangan dan koalisi Partai NasDem dengan partai oposisi seperti partai Demokrat dan PKS," kata Mochtar dalam keterangan pers diterima, Senin (20/6/2022).

Mochtar juga meyakini, peta itu akan semakin jelas setelah Rakernas PDIP dilangsungkan pada 21-23 Juni 2022 mendatang. Sebab, semua akan tergantung kepada titah sang Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

"Partai berharap koalisi lagi dengan PDI Perjuangan minimal kabinet dua tahun lagi mereka aman. Kekuatan Queen Maker (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) akan terlihat di Rakernas PDI Perjuangan," yakin Mochtar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Magnet Ganjar dan Puan

Senada, Ketua Umum LGP Nawang Andi Kusuma memaparkan keberhasilan LGP dalam menghelat Munas yang diikuti oleh perwakilan dari 34 provinsi.

Menurut dia, meski baru berusia 6 bulan, LGP sudah mampu melakukan Rakerda dan Rakercab di sejumlah provinsi, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara, hingga Papua Barat.

"Ini bukti Magnet Ganjar -Puan mampu menggerakkan masyarakat," kata Nawang.

Diketahui, Munas LGP menghasilkan tiga rekomendasi. Pertama, mengevaluasi Pengurus DPP dan Penambahan Pengurus. K

edua, Merekomendasikan pasangan Ganjar - Puan ke DPP PDI Perjuangan untuk Menjadi Bakal Capres/Cawapres 2024 dan Ketiga, Konsolidasi organisasi tuntas sampai Ranting LGP Desa/Kelurahan selesai Desember 2022

Sebaga informasi, selain untuk Munas, LGP memilih Istana Gebang juga untuk memperingati Haul Bung Karno. LGP menilai tempat tersebut bersejarah karena menjadi tempat Bung Karno semasa kecil tumbuh berkembang dan dimakamkan.

 

3 dari 3 halaman

Ganjar Tegak Lurus

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, terkait calon presiden atau capres yang akan diusung oleh PDIP di Pilpres 2024, akan tegak lurus mengikuti keputusan Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri.

"Tegak lurus dengan ketua umum semua, tanpa terkecuali," kata dia di Sekolah Partai PDIP, Jumat (17/6/2022).

Ganjar menyebut, apabila tak dicalonkan PDIP pada Pilpres 2024, ia pun tetap patuh akan keputusan Megawati, sebagaimana diamanatkan dalam Kongres PDIP.

"Semua tegak lurus pada keputusan dan itulah yang sudah menjadi keputusan kongres itu prerogatif penuh ibu ketua umum," jelas dia.

Di sisi lain, terkait Rakernas NasDem di mana namanya masuk sebagai salah satu yang diusung, menurutnya menghormati partai lain. Namun, lantaran dirinya kader PDIP akan tetap tegak lurus sesuai keinginan Megawati.

"Ya semua orang bisa memberikan (dukungan), kami menghormati partai appaun gitu ya, karena saya anggota PDIP tentu keputusan tegak lurus pada ibu ketum itu sudah menjadi rumus seluruh anggota partai," ungkap Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.