Sukses

Nasdem Sudah Kantongi 3 Nama Capres yang Akan Diserahkan ke Surya Paloh

Sekretaris Steering Committee Rakernas Nasdem Willy Aditya mengatakan pihaknya telah mengantongi tiga nama calon presiden yang akan diserahkan kepada Ketua Umum Surya Paloh.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Steering Committee Rakernas Nasdem Willy Aditya mengatakan pihaknya telah mengantongi tiga nama calon presiden yang akan diserahkan kepada Ketua Umum Surya Paloh. Ketiga nama tersebut diputuskan setelah melakukan rapat pleno pada Kamis, (16/6/2022) malam.

"Sudah, jadi DPP semalam sampai jam 23.30 WIB sudah menghasilkan tiga nama," kata Willy, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Willy menegaskan, bahwa ketiga nama capres merupakan nama-nama yang diusulkan sebelumnya oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

"Ya pasti (usulan DPW), tidak ada nama yang ujug-ujug bimsalabim abrakadabra terus ada nama baru, tidak," ucapnya.

Willy mengatakan, DPW sama sekali tidak mengusulkan nama-nama ketua umum partai lain, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Ya nama yang disebutkan oleh DPW kemarinlah yang ada, jadi sekali lagi sudah ada tiga nama nanti malam kami akan menyerahkan di dalam map khusus kepada Ketua Umum Surya Paloh," ungkapnya.

Namun, saat ditanyai terkait kisi-kisi ketiga nama yang akan diserahkan kepada Surya Paloh, Ketua DPP Partai NasDem itu enggan menjawab.

"Tunggu saja, yang penting ini bukan voting, semalam kami bermusawarah, kami bermufakat, kami sudah punya nama di kantong," ucap Willy.

"Dan ketum akan membacakannya nanti malam," sambungnya.

Sebelumnya, DPW Nasdem telah mengajukan 25 daftar nama yang akan dipertimbangkan sebagai calon presiden.

Berikut daftar 25 nama penjaringan dari 34 DPW berdasarkan daftar yang diterima Liputan6.com dalam Rakernas Partai NasDem:

1. Anies Baswedan

2. Ganjar Pranowo

3. Erick Thohir

4. Rachmat Gobel

5. Andika Perkasa

6. Syahrul Yasin Limpo

7. Lestari Moerdijat

8. Prananda Surya Paloh

9. Ahmad Sahroni

10. Ridwan Kamil

11. Khofifah Indar Parawansa

12. Dudung Abdurachman

13. Mathius Awoitauw

14. Ahmad Ali

15. Viktor Laiskodat

16. Siswono Yudo Husodo

17. Herman Deru

18. Surya Paloh

19. Isran Noor

20. Tuan Guru Bajang

21. Sandiaga Uno 22. Wahidin Halim

23. Siti Nurbaya Bakar

24. Sofyan Kalio

25. Syarif Fasha

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar dan Anies Mendominasi

Menurut daftar nama hasil nama yang diterima redaksi Liputan6.com, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendominasi suara 34 DPW Partai NasDem sebagai rekomendasi calon presiden 2024.

“Anies Baswedan mendominasi, hanya 2 Provinsi (Papua Barat dan Kalimantan Timur) yang tidak mengusulkan nama Anies. Berikutnya juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hanya 5 provinsi (Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Maluku utara, DKI) yang tidak mengusulkan Ganjar,” kata Willy.

Selain dua nama itu, lanjut Willy, masih ada sosok lain yang berasal dari eksternal Partai NasDem seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Beredar serta ada Jenderal Dudung ini nama-nama yang tadi muncul ini menunjukkan bahwasanya sesuai dengan pidato ketua umum tadi malam adalah bentuk komitmen kebangsaannya yang menjadi hal pokok,” Willy menutup.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.