Sukses

Kejar Kekebalan Komunal, BIN Gencarkan Vaksinasi di Sulut

Liputan6.com, Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Utara bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat terus menggencarkan layanan vaksinasi hingga dosis booster di seluruh kabupaten/kota. Upaya mendorong tuntasnya program vaksinasi terus dilaksanakan agar kekebalan komunal terbentuk baik dan merata di semua wilayah.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sulut, Laksamana Pertama TNI Adriansyah, mengatakan, meski sering terhambat faktor geografis berupa medan yang sulit dan keterbatasan sarana transportasi, hal itu tak menyurutkan jajaran BIN untuk memberikan pelayanan vaksinasi ke masyarakat hingga ke pelosok. Termasuk, kelompok rentan anak usia 6-11 tahun serta lansia.

“Kita menginginkan kekebalan komunal masyarakat Sulut benar-benar berkualitas, merata di semua wilayah, dan terus aktif hingga pandemi Covid-19 benar-benar teratasi. Karena itu kita gencarkan vaksinasi hingga dosis booster. Sejak awal tahun hingga saat ini, bersama Pemda Sulut, terutama dinas kesehatan di semua kabupaten dan kota, kita telah berhasil menyuntikan vaksinasi dosis booster total sebanyak 380.949 dosis,” kata Adriansyah, Jumat (10/6/2022).

Kabinda Sulut ini melanjutkan, untuk capaian vaksin booster di Sulut baru menyentuh angka 14.82 persen dari target. Maka dari itu, Kabinda Sulut mengajak masyarakat untuk juga aktif mendatangi titik-titik layanan vaksinasi untuk meningkatkan antibodi di dalam tubuh. 

“Vaksinasi dosis booster terbukti efektif meningkatkan kadar antibodi tubuh yang mungkin melemah seiring waktu usai vaksin dosis primer. Hal ini sesuai, dengan hasil sero survei yang sudah dilaksanakan pada Maret silam,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Sinergi

Adriansyah juga memastikan sinergi semua stakeholder di Sulut akan bisa segera menuntaskan semua target program vaksinasi. Menurut data Kementerian Kesehatan, realisasi vaksinasi di Sulut; untuk dosis satu mencapai 1.876.941 orang (90,21 persen), kemudian dosis dua 1.398.356 (67,21 persen).

Masyarakat pun diimbau berperan aktif, yang belum menyelesaikan tahapan vaksinasi bisa segera menuntaskannya di gerai bersama yang telah disediakan BIN Sulut dan Dinkes serta stakeholder lainnya.

“Selain itu, kami terus berharap warga disiplin menerapkan protokol kesehatan termasuk upaya kami menggenjot cakupan vaksinasi,” pungkas Adriansyah.