Sukses

4 Fakta Penyanyi Legendaris Ivo Nilakreshna Meninggal Dunia

Ivo Nilakreshna, penyanyi legendaris dikabarkan meninggal dunia pada Jumat 20 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ivo Nilakreshna, penyanyi legendaris dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 20 Mei 2022. Pemilik nama lengkap Ivo Fauziah Hanum meninggal dunia sekitar pukul 14.22 WIB.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh putri Ivo Nilakreshna yang bernama Baina Ivo melalui akun Instagramnya, dengan mengunggah foto ibunya sedang terbaring di rumah sakit menggunakan selang oksigen.

"Innalilahi wa innalillahi rojiun, Telah berpulang ibunda tercinta H. Ivo Fauziah Hanum binti TM. Usman El Muhammady tgl 20 Mei 2022 hari Jumat pukul 14.22," tulis Bania Ivo dikutip Jumat 20 Mei 2022.

"Kami sekeluarga mohon di bukakan pintu maaf apabila ibu kami ada kesalahan yg di sengaja maupun yg tidak di sengaja," sambung Baina Ivo.

Menurut Baina Ivo, sang ibunda disemayamkan di rumah duka di kawasan Ampera, Jakarta Selatan.

"Almarhumah akan disemayamkan, di Jalan Kenanga Nomor 71, Jeruk Purut. Ampera, pada hari Jumat, 20 Mei 2022 pukul 17.00 WIB," tulis Baina Ivo.

Diketahui, Ivo Nilakreshna sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Kencana sebelum akhirnya tutup usia.

Pengamat musik Stanley Tulung mengungkapkan penyakit yang diderita Ivo Nilakreshna selama ini.

"Penyakit diabetes dan jantung," ujar Stenley Tulung ketika dihubungi.

Salam perpisahan disampaikan Stanley Tulung kepada musisi kelahiran kelahiran 31 Januari 1940. Apalagi, Stanley Tulung sangat mengidolakan karya-karya Ivo Nilakreshna yang juga dikagumi beberapa musisi kenamaan tanah air.

Berikut sederet fakta terkait penyanyi legendaris Ivo Nilakreshna meninggal dunia dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kabar Duka Disampaikan Sang Putri

Kabar duka kembali menyelimuti industru musik tanah air. Musisi legendaris Ivo Fauziah Hanum atau yang lebih dikenal dengan sapaan Ivo Nilakreshna meninggal dunia di usia 83 tahun, sekitar pukul 14.22 WIB pada Jumat 20 Mei 2022.

Kabar meninggalnya Ivo Nilakreshna disampaikan oleh putrinya Baina Ivo melalui akun Instagramnya, dengan mengunggah foto ibunya yang sedang terbaring di rumah sakit menggunakan selang oksigen.

"Innalilahi wa innalillahi rojiun, Telah berpulang ibunda tercinta H. Ivo Fauziah Hanum binti TM. Usman El Muhammady tgl 20 Mei 2022 hari Jumat pukul 14.22," tulis Bania Ivo dikutip Jumat 20 Mei 2022.

"Kami sekeluarga mohon di bukakan pintu maaf apabila ibu kami ada kesalahan yg di sengaja maupun yg tidak di sengaja," tulis Baina Ivo.

 

3 dari 5 halaman

2. Disemayamkan di Rumah Duka dan Dimakamkan Hari Ini

Jenazah Ivo Nilakreshna disemayamkan di rumah duka di kawasan Ampera, Jakarta Selatan.

Hal itu diketahui dari pesan singkat yang sampaikan pihak keluarga yang tersebar di kalangan awak media.

"Almarhumah akan disemayamkan, di Jalan Kenanga Nomor 71, Jeruk Purut. Ampera, pada hari Jumat, 20 Mei 2022 pukul 17.00 WIB," tulis Baina Ivo.

Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah musisi yang memiliki perusahan rekaman dan periklanan PT Nilakreshna Entertainment akan kebumikan di Tempat pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

"Insya allah akan dikebumikan di taman pemakaman Tanah Kusir Sabtu, 21 Mei 2022 Pukul 08.00 AM." jelas Baina Ivo.

 

4 dari 5 halaman

3. Meninggal Dunia Setelah Berjuang Melawan Penyakit Diabetes dan Jantung

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Ivo Nilakreshna sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Kencana. Pengamat musik Stanley Tulung mengungkapkan penyakit yang diderita Ivo Nilakreshna selama ini.

"Penyakit diabetes dan jantung," ujar Stenley Tulung ketika dihubungi, Jumat 20 Mei 2022.

Salam perpisahan disampaikan Stanley Tulung kepada musisi kelahiran kelahiran 31 Januari 1940. Apalagi, Stanley Tulung sangat mengidolakan karya-karya Ivo Nilakreshna yang juga dikagumi beberapa musisi kenamaan tanah air.

"Selamat jalan idolaku..Tante Ivo sudah tidak sakit lagi dan tenang di pelukan ALLAH SWT," tulis Stanley Tulung.

 

5 dari 5 halaman

4. Jejak Karier

Ivo Nilakreshna atau yang memiliki nama asli Ivo Fauziah Hanum mengawali kariernya dalam pemilihan Bintang Radio di Medan pada 1956. Bahkan, dirinya juga ikut dalam pemilihan Bintang Radio se-Jakarta pada 1964 dan berhasil meraih juara pertama.

Dirinya juga bergabung dalam TVRI Stasiun Pusat Jakarta pada 1963 dan tampil di berbagai acara. Dirinya pun tampil di beberapa acara musik seperti, Sejenak Bersama, Hiburan Malam, Irama Keroncong, Irama Melayu, Jazz, Dari Masa Ke Masa, Irama Gurun Sahara, Lagu & Pencipta, dan sebagainya.

Tak hanya berhasil meniti karier di Indonesia saja, akan tetapi wanita berdarah Aceh-Minang ini juga pernah tampil di berbagai televisi luar negeri. Dirinya berhasil tampil di TV Malaysia (1962 dan 1969), Hongkong (1962), Manila (1962), Tokyo (1982 dan 1965), Singapura (1962-1979) dan Amsterdam (1968).

Ivo sendiri diketahui telah berkarier di dunia musik Tanah Air selama 54 tahun. Bahkan, ia telah berhasil merilis 100 album keroncong, pop serta jazz. Tak hanya itu saja, ia juga telah menciptakan sedikitnya 200 lagu.

Bukan hanya dikenal sebagai penyanyi saja, namun Ivo juga turut mendirikan perusahaan rekaman serta periklanan bernama PT Nilakreshna Entertainment. Berkat kegigihannya, ia juga pernah mendapatkan posisi di organisasi IKARI, DPD-Jaya Perbumi dan IWAPI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.