Sukses

Dispar Makassar Gandeng Astindo Promosi Potensi Pariwisata Makassar di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar bersama DPD Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Sulawesi Selatan dijadwalkan menghadiri acara Direct Promotion di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya yang berlangsung pada Kamis (12/5) mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Kegiatan tersebut menjadi kesempatan emas bagi pemerintah kota Makassar mengenalkan potensi pariwisata di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya. Pasalnya,  tercatat sudah lebih dari 60 Travel Agent Surabaya dan sekitarnya bahkan beberapa dari Yogyakarta sebagai potential Buyers yang sudah mengkonfirmasi akan hadir dalam table top tersebut.

“Kami mengapresiasi akan begitu besarnya animo teman-teman Travel Agent, ini membuktikan bahwa pariwisata sudah benar-benar bangkit, sektor ekonomi sudah menggeliat,” kata Kepala Dispar Makassar, Moh. Roem dalam keterangan rilisnya, Rabu (11/5).

Moh. Roem mengungkapkan pihaknya bahkan sudah menyiapkan doorprizes yang sangat menarik bagi para pengunjung dan stakeholder yang mengikuti table top dan business meeting.

Dalam acara Direct Promotion Kota Makassar tersebut sebanyak 15 pelaku pariwisata Travel Agent anggota DPD ASTINDO Sulsel ikut terlibat. Diantaranya Hardi Tours, Bahana Tours, Sulawesi Travel, Mubarak Travel, Randa Azzahra, Barakka Travel, Dzakiyah Travel, Mufidah Tour, Al Jasiyah Travel, Mecca Madina Tour, Lintas Destinasi, Travelta Tours.

Para travel agent masing-masing juga sudah mempersiapkan secara matang paket-paket menarik di Kota Makassar yang dimilikinya. Ada banyak paket wisata kota Makassar yang disiapkan untuk menarik para buyers, antara lain Wisata Bahari (Diving dan Snorkling), Wisata Budaya, Kuliner, Lorong Wisata, Heritage dan lain-lain.

2 dari 2 halaman

Potensi Wisata Makassar

Secara terpisah, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sulsel Suhardi mengatakan, potensi Wisata Makassar sangat variatif dan cocok untuk semua segmen pasar di Jawa Timur.

“Apa yang diinginkan oleh calon wisatawan di Jawa Timur kami miliki, pesona alam dan budaya serta kuliner khas Sulawesi tentunya akan menjadi nilai plus bagi kami menjadi Daerah Tujuan Wisata,” ujar Suhardi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD ASTINDO Sulsel

Sementara itu, Ketua DPD ASTINDO Sulsel, Nurhayat mengatakan kegiatan Direct Promotion ini sudah direncanakan secara matang sejak beberapa waktu lalu. Sinergitas yang baik antara pihak pemerintah dan swasta sudah terjalin baik.

“Kami sebagai pelaku pariwisata langsung di lapangan bertugas untuk menjaring wisatawan ke Makassar. Kami perlu kebijakan yang berpihak dari pemerintah sehingga jumlah kunjungan wisatawan ke Makassar akan meningkat dan PAD akan naik,” sebutnya.

 

(*)