Sukses

Infografis Klaim Sukses Pengaturan Arus Mudik Lebaran 2022

Pengaturan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 relatif berlangsung baik dan lancar. Jajaran kementerian dan instansi terkait, serta Polri maupun TNI dianggap berhasil mengelola dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapreasiasi positif manajemen arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Tak ada kemacetan parah memakan waktu sampai satu hari penuh, satu setengah hari, bahkan dua hari seperti yang terjadi dalam beberapa kali periode mudik Lebaran.

Saat memimpin sidang kabinet di Istana Negara, Jakarta, Senin 9 Mei 2022, Jokowi menilai keberhasilan penanganan arus mudik Lebaran 2022 lantaran manajemen pengelolaan yang dipersiapkan dengan baik di lapangan. Jokowi pun berharap hal itu terus dipertahankan oleh jajaran kementerian dan instansi terkait, serta Polri maupun Polri hingga arus balik mudik selesai.

Adapun Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan jajarannya telah menerima berbagai masukan terkait pengaturan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Secara umum, mudik lebaran pada tahun ini berjalan dengan baik.

Apalagi, menurut Menhub, mudik tahun ini berbeda dengan mudik sebelumnya, di mana masyarakat sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi Covid-19. Hal itu ditunjukkan dengan hasil survei yang mengekspresikan animo masyarakat yang tinggi, yaitu sebanyak 85,5 juta orang yang ingin mudik.

Pun demikian Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. Ia menyebut mudik Lebaran 2022 berjalan dengan sangat sukses. Namun, Luhut meminta semua pihak untuk tidak jemawa terlebih dahulu.

Bagaimana plus minus pengaturan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022? Bagaimana pula pantauan pergerakan arus mudik dalam Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia atau SIASATI Kementerian Perhubungan? Apa saja data arus mudik lainnya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Klaim Sukses Pengaturan Arus Mudik Lebaran 2022

3 dari 4 halaman

Infografis Pergerakan Arus Mudik Lebaran 2022 Sesuai Moda Transportasi

4 dari 4 halaman

Infografis Arus Mudik Lebaran 2022 dalam Angka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.