Sukses

Urai Macet, One Way Berlaku dari KM 47 Cikampek Hingga KM 414 Kalikangkung

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas one way di KM 47 Jalan Tol Jakarta Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang, Kamis (28/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas one way di KM 47 Jalan Tol Jakarta Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang, Kamis (28/4/2022).

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, menerangkan, one way diberlakukan sejak pukul 17.28 WIB.

Polisi sebelumnya telah memastikan lajur arah Jakarta telah steril, sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

"Sebelum dilakukan one way, Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau lengang," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022)

Dia menerangkan, GT Cikampek Utama sebagai gerbang tol pertama yang melayani lalu lintas one way saat ini mengoptimalkan total 26 lajur transaksi yang terdiri dari 21 gardu tol operasi serta penambahan 5 mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Cikampek.

"Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi jam favorit pengguna jalan untuk melakukan perjalanan mudik, yaitu setelah berbuka puasa, yang berpotensi menimbulkan kepadatan," terang dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosialisasi

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil, mengharapkan kebijakan one way terus disosialisasikan sehingga masyarakat bisa menyesuaikan waktu keberangkatan.

"Jika akan menuju ke timur atau sebaliknya masyarakat Bandung ke Jakarta agar tidak terganggu karena dimulai 17.00 berarti dari Bandung berangkat jam 1 atau 2 jadi ekor sudah lepas dari Gerbang Tol Km 47 sebelum 17.00 WIB," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Disiplin

Fadil juga meminta masyarakat tetap mematuhi aturan lalu lintas dan bersikap disiplin sehingga mampu meminimalisir simpul-simpul kemacetan akibat volume kendaraan yang meningkat.

"Mudah-mudahan situasi terkendali sampai puncak arus mudik 29 April 2022 dan 30 April 2022 jadi Jumat dan Sabtu," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.