Sukses

Pemerintah Jamin Pasokan BBM, Elpiji, dan Bahan Pokok Saat Mudik Lebaran 2022

Menko PMK, Muhadjir Effendy, juga menegaskan bahwa masyarakat yang akan mudik Lebaran harus mematuhi protokol kesehatan dan sudah divaksin Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan pemerintah menjamin perjalanan mudik aman dan lancar. Termasuk, memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), gas elpiji, dan bahan pokok saat mudik Lebaran 2022.

"Kita berupaya betul menjamin bahwa perjalanan ini, baik ketika berangkat maupun kembali lagi akan lancar selamat dan betul-betul mendapatkan kegembiaraan bertemu dengan sanak saudara," kata Muhadjir dikutip dari siaran persnya, Sabtu (16/4/2022).

Dia pun menegaskan bahwa masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman harus mematuhi protokol kesehatan dan sudah divaksin Covid-19. Hal ini untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca mudik Lebaran 2022.

"Hal ini supaya ketika berangkat ke daerah tujuan, kondisi betul-betul sehat dari Covid-19 dan datang tidak membawa oleh-oleh Covid-19," jelas Muhadjir. 

Menurut dia, pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan mudik Lebaran 2022 agar berjalan aman, lancar dan sehat. Persiapan itu dibahas melalui rapat koordinasi lintas sektor yang sudah dua kali dilaksanakan.

"Bapak Presiden sudah memberikan petunjuk agar semua yang akan mudik menyiapkan diri dengan vaksin booster yang ketiga kalinya," ujar Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan arus mudik Lebaran 2022 dipredksi akan sangat ramai. Menurut dia, ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan untuk perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Arus mudik tahun ini diperkirakan akan sangat besar. Menurut laporan yang saya terima diperkirakan ada 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor yang akan melakukan perjalanan mudik, di Pulau Jawa saja," jelas Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 14 April 2022. 

Kendati begitu, kata dia, pemerintah ingin perjalanan mudik tetap berjalan dengan lancar dan penuh kegembiraan. Jokowi menekankan bahwa pemerintah akan tetap memprioritaskan keselamatan masyarakat.

"Yang terpenting pemeirntah selalu meletakkan keselamatan masyarakat sebagai prioritas utama baik keselamatan selama perjalanan mudik maupun keselamatan kesehatan kita," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan Mudik Lebaran 2022

Di sisi lain, pemerintah kini tengah menyiapkan aturan perjalanan mudik Lebaran 2022 secara ketat dan terperinci. Hal ini untuk mencegah lonjakan kasus yang tak terkendali usai Hari Raya Idul Fitri 2022.

"Para menteri dan seluruh jajaran pemerintah sedang bekerja keras untuk menyiapkan aturan-aturan ini. Pekan depan akan kami sampaikan kepada seluruh masyarakat," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, ada sebanyak 23 titik pintu tol yang menjadi rawan kepadatan kendaraan pada saat mudik lebaran 2022 mendatang. Puluhan titik itu diketahui berada di wilayah Jawa.

"Ada 23 gate tol yang rawan terjadi kepadatan," kata Sigit kepada wartawan, Kamis 14 April 2022.

Dari 23 titik pintu tol yang menjadi rawan kepada kendaraan, paling banyak diprediksi berada di wilayah Jawa Barat.

"Di mana wilayah Banten ada 2, wilayah Jakarta atau Polda Metro ada 2 gate tol. Kemudian wilayah Jawa Barat ada 7, Jawa Tengah ada 6, dan Jawa Timur juga ada 6," sebutnya.

Selain itu, nantinya bakal ada enam titik bottle neck yang akan diberlakukan pada sepanjang jalur tol. Namun, hal ini bakal diberlakukan melihat situasi di lapangan terlebih dahulu.

"Namun pada saat mulai terjadi peningkatan ini tentunya menjadi masalah, karena ada perubahan dari 4 lajur menjadi 2, di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak KM 26," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.