Sukses

Pengacara: Haris Azhar dan Fatia Seharusnya Dihadiahi Rp 100 Juta Sesuai PP Jokowi

Aktivis Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ditetapkan sebagai tersangka atas laporan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan terkait video tentang dugaan keterlibatannya dalam skandal ekonomi di Intan Jaya, Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Tim pengacara Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti menyayangkan kliennya ditetapkan sebagai tersangka atas laporan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Menurut dia, orang yang mengungkap suatu kejahatan seharusnya diberi imbalan, bukan justru dipidana. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 43 tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diteken Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pak Jokowi punya aturan mengeluarkan Perpres (maksudnya PP 43/2018, red), orang yang mengungkap skandal suatu kejahatan ekonomi, berhak untuk mendapatkan Rp 100 juta reward, bukan untuk dipenjara," kata Pengacara Fatia dan Haris Azhar, Nurkholis Hidayat di Polda Metro Jaya, Senin (21/3/2022) malam.

Nurkholis menyoroti proses penyelidikan yang menjerat kliennya. Menurut dia, salah alamat apabila Kepolisian memprioritaskan penyelidikan pencemaran nama baik, dibandingkan mengusut riset yang dipaparkan dalam rekaman video.

Padahal, Kepolisian mempunyai kesempatan untuk menggunakan otoritasnya dalam melakukan evaluasi terhadap penyidikannya.

"Polisi bisa menghentikan penyidikan ini demi hukum, dan juga bisa melakukan penyelidikan sebaliknya terhadap materi yang dilaporkan oleh Haris terkait dengan kejahatan ekonomi tadi," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Singgung Edaran Kabareskrim Polri

Dalam kasus ini, Nurkholis menyinggung surat edaran Kabareskrim Polri.

"Kita tahu, ada aturan surat edaran Kabareskrim sampai saat ini tidak pernah dicabut. Jika warga negara melakukan pelaporan suatu skandal ekonomi, korupsi, gratifikasi, maka itu harus didahulukan, diperiksa," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.