Sukses

PDI Perjuangan: Dunia Harus Bersatu Hentikan Perang Rusia-Ukraina

PDI Perjuangan menyatakan kekhawatiran atas perang antara Rusia-Ukraina. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut perang pasti akan memiliki dampak serius, termasuk perekonomian dunia dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan menyatakan kekhawatiran atas perang antara Rusia-Ukraina. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut perang pasti akan memiliki dampak serius, termasuk perekonomian dunia dan Indonesia.

"Seruan hentikan perang harus segera didorong atas inisiatif Indonesia berdasarkan amanat Pembukaan UUD 1945 untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial serta mengingat bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa, maka penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," ujar Hasto sebelum memberikan Kuliah Umum di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/2/2022).

Dalam kesempatan itu, turut hadir Ketua DPP PDIP Prof. Rokhmin Dahuri, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan serta sejumlah kepala daerah wilayah Jawa Timur.

Hasto menyebut tindakan perang tetap tidak bisa dibenarkan.

Demikian halnya berbagai kebijakan agresif NATO melalui ekspansi pengaruh dengan memperluas keanggotannya yang hanya menyebabkan ketegangan dengan Rusia.

"Sesuai politik luar negeri bebas aktif, Indonesia harus mengambil prakarsa melalui PBB. Dunia harus bersatu untuk hentikan perang. Jangan sampai persoalan tersebut membawa ekskalasi perang yang lebih luas. PBB harus menunjukkan kepemimpinannya dengan dukungan sepenuhnya dari seluruh negara yang cinta damai, khususnya Indonesia," tegas Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemikiran Bung Karno

Hasto menila apa yang terjadi di Ukraina tersebut menunjukkan kebenaran pemikiran Bung Karno melalui pidato To Build the World A New tahun 1960, bahwa negara-negara besarlah yang sering kali bertindak menciptakan instabilitas dunia melalui perang, baik itu dari Blok Barat maupun Blok Timur.

“Dalam situasi itulah kepemimpinan Indonesia harus ditunjukkan bagi setiap upaya mewujudkan perdamaian dunia,” ujarnya.

PDI Perjuangan juga meminta pemerintah untuk mengantisipasi dampak perang terhadap perekonomian Indonesia. “Pada saat bersamaan terus mengambil inisiatif agar perang secepatnya diselesaikan melalui perundingan,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.