Sukses

PDI Perjuangan Akui Sedang Rayu Khofifah Maju di Pilkada Jatim 2024

PDI Perjuangan Jatim juga mengaku tela duduk bersama dengan pengurus Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) tingkat Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Pemiliha Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Provinsi Jawa Timur akan digelar tidak lama lagi. Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jatim sedang merayu mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk maju.

"PDIP lagi merayu Mbak Khofifah," ujar Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah di sela kegiatan Ramadhan di Kantor PDIP Jatim di Surabaya, Minggu (31/3/2024).

Namun, anggota DPR RI itu mengaku prosesnya tidak dalam koridor dukung-mendukung, melainkan baru penjajakan sejauh mana pandangan mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke PDIP.

"Begitu juga sebaliknya, PDIP mengajak Mbakyu Khofifah seperti apa yang beliau mau dalam lima tahun ke depan," ucapnya.

Buya Said, sapaan akrabnya, juga mengaku telah bertemu dan berbagi informasi dengan Khofifah beberapa waktu lalu membahas bagaimana Jatim ke depan, termasuk positioning Khofifah.

Selain itu, pihaknya juga mengaku tela duduk bersama dengan pengurus Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) tingkat Jatim.

"Jujur, kami punya respek betul ke Mbakyu Khofifah," tutur politikus asal Sumenep, Madura, itu.

Mengenai kader PDIP yang disiapkan untuk bertarung pada Pilkada Jatim 2024, Said menyampaikan partainya memiliki banyak kader untuk dicalonkan, baik sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur.

Ketika disinggung namanya sendiri untuk maju di Pilkada Jatim 2024, Said menegaskan bahwa dirinya saat ini fokus menjadi pelayan petugas partai.

"Kalau saya maju itu bajunya tidak pas. Sekarang saya tugasnya melayani petugas partai dan ingin berbuat sebaik-baiknya di mana pun selama ditugasi partai maupun ketua umum," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Pencalonan di PDI Perjuangan

Sementara itu, mekanisme yang dilakukan PDIP untuk mencalonkan kepala daerah juga tetap dilakukan sebagaimana aturan internal yang berlaku.

Mekanismenya, lanjut Said, diawali penjaringan oleh DPD, kemudian dipublikasi, lalu rapat tingkat daerah, hingga dibahas dan diusulkan ke DPP.

Berikutnya, DPP melakukan rapat khusus, baru kemudian ke Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.