Sukses

Siapa pun Boleh Daftar Pilkada Lewat PDIP Kecuali Bobby Nasution, Pengamat: Punya Kader Internal?

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sudah mulai menjaring nama-nama Bakal Calon Kepala Daerah yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2024.

Liputan6.com, Medan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sudah mulai menjaring nama-nama Bakal Calon Kepala Daerah yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2024.

Anehnya, khusus di Sumatera Utara (Sumut) dan Kota Medan, nama Bobby Nasution tidak boleh ikut mendaftar lewat partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Sudah ada pendaftaran-pendaftaran di daerah-daerah. Sumatera Utara kemarin sudah melaporkan, semua boleh mendaftar, kecuali Mas Bobby, itu usulan dari bawah," ungkap Hasto di rumah Megawati, Jumat, 12 April 2024, kepada media.

Menyikapi statemen tersebut, reaksi bermunculan. Contohnya relawan Bobby Nasution yang jelas-jelas akan terus mendukung langkah politik Bobby walaupun tanpa PDI Perjuangan.

"Dengan atau tanpa PDI Perjuangan, relawan akan mendukung satu komando untuk Bobby Nasution," ucap salah satu relawan, yang namanya enggan disebutkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pandangan Pengamat

Pengamat Politik asal Universitas Sumatera Utara (USU), Indra Fauzan pun berkomentar.

"Efek Pilpres kemarin jelas jadi pukulan telak bagi PDI Perjuangan. Jadi, apapun yang berhubungan dengan keluarga Jokowi, jadi musuh bersama," kata Indra Fauzan, Sabtu, 13 April 2024.

"Kalau menutup diri dari Bobby, PDI Perjuangan harus punya kader internal yang bisa mengimbangi figur Bobby," lanjutnya.

Menurutnya, untuk Pilgub Sumut dan Pilkada Medan, partai berlambang banteng bermoncong putih itu kerap kesulitan menang.

"Kalau melepas Bobby, mereka harus kerja keras menemukan kader yang figurnya bisa mengimbangi sosok menantu Presiden Jokowi itu," Indra Fauzan menambahkan.

3 dari 3 halaman

Sosok Bobby Nasution

Sosok Bobby Nasution tak bisa dilupakan, bahwa Bobby yang membawa kemenangan besar PDI Perjuangan pada Pilkada Medan 2020 lalu.

"Dari gelagat politik saat ini, sudah dapat dipastikan Bobby memang akan menjadi lawan PDI Perjuangan pada Pilgubsu tahun ini. Menurut saya dinamika politik akan lebih menarik," Fauzan menuturkan.

"Bagaimanapun Bobby leading saat ini dari kandidat lainnya yang belum muncul ke permukaan, PDI Perjuangan harus berhitung secara cermat soal ini," Fauzan menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini