Sukses

Survei New Indonesia: Simulasi Capres-Cawapres, Prabowo-Puan Jadi Pasangan Terkuat

Dalam survei bulan November 2021, Prabowo-Puan juga unggul telak dalam simulasi, jika dibandingkan dengan Ganjar-Ridwan Kamil dan Anies-AHY.

Liputan6.com, Jakarta - Survei New Indonesia Research & Consulting merilis hasil temuannya. Disebutkan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo unggul dalam bursa calon presiden menuju Pemilu 2024. Lalu siapakah figur calon wakil presiden yang paling layak mendampingi Prabowo?

Bersama dua capres terkuat lainnya yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, dilakukan simulasi terhadap sosok-sosok perempuan yang kerap meramaikan bursa capres. Selain Puan, figur lainnya adalah Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa.

Hasilnya, Prabowo meraih elektabilitas tertinggi dalam setiap simulasi, baik berpasangan dengan Puan, Risma, maupun Khofifah. Elektabilitas tertinggi diraih pasangan Prabowo-Puan, yaitu mencapai 55,4 persen.

Dalam simulasi tersebut, pasangan Ganjar-Khofifah menyusul sebanyak 32,3 persen dan Anies-Risma 9,8 persen. Simulasi yang lain menunjukkan pasangan Prabowo-Khofifah unggul sebesar 43,8 persen dan Prabowo-Risma 35,4 persen.

“Prabowo selalu unggul dalam simulasi capres-cawapres, dan Prabowo-Puan menjadi pasangan paling kuat didukung publik,” ungkap Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, pada Selasa (15/2).

Menurut Andreas, unggulnya Puan tidak lepas dari endorsement dari jajaran elite PDIP, di mana Puan dianggap sebagai figur regenerasi kepemimpinan Megawati. Rendahnya elektabilitas Puan jika dibandingkan dengan Risma maupun Khofifah pun tidak jadi masalah.

Elektabilitas Puan tetap cukup tinggi ketika disandingkan dengan Anies (33,3 persen), atau bahkan dengan Ganjar (32,3 persen). “Puan kerap dikontraskan dengan Ganjar yang memiliki elektabilitas jauh di atas Puan,” lanjut Andreas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Puan Dinilai Jadi Harapan

New Indonesia Research & Consulting juga melakukan survei terhadap dukungan publik terhadap kepemimpinan perempuan. Hasilnya, mayoritas perempuan menyatakan tidak keberatan Indonesia dipimpin oleh presiden ataupun wakil presiden perempuan.

“Pasangan Prabowo-Puan bisa menjadi harapan publik sebagai pemimpin nasional,” pungkas Andreas.

Dalam survei bulan November 2021, Prabowo-Puan juga unggul telak dalam simulasi, jika dibandingkan dengan Ganjar-Ridwan Kamil dan Anies-AHY.

Survei New Indonesia Research & Consulting dilakukan pada 1-10 Februari 2022 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani