Sukses

Infografis Upaya Penyelesaian Konflik Agraria Desa Wadas di Purworejo

Kasus Desa Wadas yang berlatar konflik agraria itu menuai beragam komentar dan disorot berbagai kalangan. Hingga akhirnya Gubernur Ganjar Pranowo menemui warga Desa Wadas sekaligus meminta maaf.

Liputan6.com, Jakarta - Ketegangan terjadi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa 8 Februari 2022. Insiden terjadi saat proses pengukuran bakal lokasi Proyek Waduk Bener dan pertambangan batu andesit oleh petugas Badan Pertanahan Nasional atau BPN di Desa Wadas.

Menurut polisi, saat pengukuran lahan sempat terjadi ketegangan antara warga yang mendukung maupun menolak proyek strategis nasional tersebut. Polisi bahkan mengamankan 23 warga Desa Wadas yang disebut membawa senjata tajam.

Kasus Desa Wadas yang berlatar konflik agraria itu menuai beragam komentar dan disorot berbagai kalangan. Hingga akhirnya Gubernur Ganjar Pranowo menemui warga Desa Wadas sekaligus meminta maaf. Disusul pembebasan puluhan warga oleh pihak kepolisian.

Bagaimana kronologi ketegangan di Desa Wadas? Apa respons Gubernur Ganjar Pranowo dan Menko Polhukam Mahfud Md? Bagaimana ragam komentar terkait konflik agraria di Desa Wadas? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis

3 dari 4 halaman

Respons Menko Polhukam dan Gubernur Ganjar

4 dari 4 halaman

Ragam Komentar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.