Sukses

Luhut: Kasus Covid-19 di Jawa-Bali Terus Meningkat, Didominasi DKI Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus Covid-19 di Jawa-Bali terus mengalami kenaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus Covid-19 di Jawa-Bali terus mengalami kenaikan. Adapun kasus Covid-19 di Jawa-Bali didominasi DKI Jakarta.

"Ini pula saya sampaikan bahwa kasus Covid-19 di Jawa Bali terus meningkat namun terdapat penurunan pertumbuhan kasus harian dalam tujuh hari terakhir," jelas Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (31/1/2022).

"Saat ini kasus konfirmasi masih didominasi oleh Provinsi DKI Jakarta," sambungnya.

Kendati begitu, kata dia, kasus konfirmasi Covid-19 juga mulai terdeteksi dan naik signifikan di provinsi lain di Jawa-Bali dalam beberapa hari terakhir. Luhut memastikan pemerintah akan terus memantau perkembangan kasus Covid-19.

"Kami akan amati terus perkembangannya dalam satu minggu ke depan," ucapnya.

Luhut mengatakan saat ini angka positivity rate Covid-19 di Jawa dan Bali sudah berada diatas standar WHO yakni 5 persen. Hal tersebut karena positivity rate PCR Test yang telah mencapai 24 persen.

"Jumlah orang yang diperiksa dan di test secara harian juga meningkat cukup signifikan dibanding beberapa waktu lalu," ujar Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Takut Tes

Dia meminta masyarakat agar tak perlu takut untuk segera melakukan pemeriksaan test antigen maupun PCR. Khususnya, apabila merasakan gejala flu dan batuk.

"Hal ini dilakukan semata-mata untuk dapat segera mengetahui kondisi pasien, melakukan perawatan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tutur Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan