Sukses

15 Sekolah di Jakarta Masih Ditutup Akibat Temuan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan, hingga kini masih ada 15 sekolah di Ibu Kota yang ditutup sementara lantaran ditemukan kasus Covid-19.

Sekolah-sekolah tersebut dilarang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di kelas.

"Yang sudah dihentikan artinya pernah ditutup dan dibuka kembali ada 28 sekolah, yang masih ditutup 15 sekolah," ujar Riza di Jakarta, Jumat malam (21/1/2022).

Menurut Riza, total terdapat 43 sekolah di Jakarta yang melaporkan temuan kasus Covid-19 selama periode PTM 100 persen.

Mereka yang terpapar sebagian besar adalah para siswa. "Peserta didik ada 67, pendidik ada dua, tenaga pendidik tiga, jadi total ada 72 kasus," katanya. 

2 dari 3 halaman

Tunggu Kebijakan Pusat

Sebelumnya, Riza Patria menyatakan, Pemprov DKI Jakarta masih terus menunggu keputusan pemerintah pusat terkait evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. 

Meski terdapat sejumlah sekolah tutup sementara akibat Covid-19, Riza meyakini DKI Jakarta masih memenuhi persyaratan dalam penyelenggaraan PTM 100 persen. 

"Kami tunggu kebijakannya, PTM kan dilaksanakan sesuai ketentuan aturan," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (17/1/2022) malam.

Politikus Gerindra tersebut saat ini terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan evaluasi terkait adanya temuan kasus Covid-19 yang meningkat di sekolah. 

Salah satunya yakni melalui peningkatan fungsi Satgas Covid di setiap sekolah. Lalu peningkatan kapasitas testing dan tracing hingga vaksinasi untuk para peserta didik. 

"Dan upaya-upaya lainnya desinfektan, terus melakukan sosialisasi, pengawasan, monitoring dan evaluasi secara terus menerus semua kita upayakan," ucapnya. 

3 dari 3 halaman

Infografis Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen, Kriteria dan Persyaratannya