Sukses

Kementerian Pertahanan Ganti Logo, Apa Maknanya?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan logo baru Kementerian Pertahanan. Logo baru ini untuk menggantikan logo lama yang telah digunakan sejak 2005. Logo tersebut diresmikan langsung dihadapan petinggi Kemenhan dan jajarannya serta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf dari tiga matra dan juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rapim Kemenhan 2022, Kamis (20/1/2022).

Wakil Menteri Pertahanan Herindra juga mengumumkan perubahan logo tersebut di akun instagramnya @herindra87 pada Jumat (21/1/2022). Terlihat dalam video yang diunggahnya Herindra menunjukan logo lama Kemhan dan logo baru.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar membenarkan adanya perubahan logo di Kementerian Pertahanan. Diketahui, logo yang sebelumnya didominasi warna merah dan putih dengan pulau-pulau Indonesia di dalemnya kini berganti dengan warna merah tua.

"Iya logo lama digunakan dan ditetapkan sejak tahun 2005 oleh Menteri Pertahanan saat itu dijabat oleh Prof Dr Juwono Sudarsono," kata Dahnil dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Dahnil juga membenarkan, logo terbaru Kementerian Pertahanan secara resmi sudah diumumkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal itu dilakukan Prabowo saat Rapat Pimpinan kemarin, Kamis 20 Januari 2022.

"Sudah kemarin diumumkan," jelas Dahnil.

Dahnil menjelaskan, logo Kementerian Pertahanan yang digunakan saat ini berbentuk bulat lingkar emas dengan warna dasar merah tua serta didalamnya terdapat gambar Garuda Pancasila dilingkari rantai emas.

"Rantai melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI," Dahnil menandasi.

 

 

2 dari 2 halaman

Tujuan Diubahnya Logo

Dia juga menuturkan alasan perubahan logo tersebut bertujuan untuk penyegaran. Memiliki makna semangat pertahanan yang lebih kuat dan tangguh.

"Penyegaran saja, melambangkan semangat pertahanan yang lebih kuat dan lebih tangguh," pungkasnya.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka