Sukses

Terjadi Gempa Susulan di Banten, Warga Mengungsi ke Wilayah yang Lebih Tinggi

Warga di Kecamatan Cimanggu dan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa susulan terjadi di Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, sekitar pukul 16.49 WIB, kali ini kekuatannya magnitudo 5,7. Epicentrum gempa berada di koordinat 7.03 LS-105.25 BT atau berjarak 54 km Barat Daya Sumur.

Melalui aplikasi Info BMKG, tertulis gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami. Meski begitu, warga di Kecamatan Cimanggu dan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

"Orang tua saya ngungsi ke Citangkil, itu tempat yang tinggi. Ada genteng rumah yang merosot (jatuh), waralaba pada tutup juga," kata Ketua Pokdarwis Sumur, Hudan Zul melalui sambungan telepon, Jumat (14/01/2022).

Hudan mengaku sempat hilang kontak dengan orangtuanya dan mencarinya sekitar 30 menit. Beruntung, dia menemukan orangtuanya dalam kondisi selamat dan sedang mengungsi.

Sedangkan istri dan anaknya sudah dia titipkan ke tetangga dan saudaranya di Cimanggu.

"Alhamdulillah orangtua udah ketemu. Anak istri di Cimanggu. Tadi sempet ilang komunikasi sama orang tua, sekarang udang nyambung lagi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Warga Rusak

Begitupun yang dikatakan oleh Qipong, tour guide dari Ujung Kulon Adventure, dia mengaku sempat ada warga yang panik dan keluar rumah. Disekitar kampungnya, dia belum menemukan adanya kerusakan rumah warga.

"Enggeus aman (udah aman). Yang evakuasi mah Aya (ada), ke tempat yang lebih tinggi pastinya mah," kata Qipong, melalui selulernya, Jumat (14/01/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa banten terkini