Sukses

Di Muktamar NU, Jokowi Sebut Dakwah dan Ngaji Bisa Dilakukan Virtual

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan teknologi yang semakin maju akan membuat aktivitas di dunia nyata dilakukan secara virtual.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan teknologi yang semakin maju akan membuat aktivitas di dunia nyata dilakukan secara virtual. Sehingga, masyarakat dapat pergi ke restoran, mengaji, hingga berdakwah secara virtual.

Jokowi mengaku mendapat bocoran ini saat bertemu dengan pendiri Metaverse (sebelumnya Facebook), Mark Zuckerberg pada 2016 lalu. Kala itu, Jokowi bermain pingpong virtual reality dengan Mark Zuckerberg.

"Dia (Mark) membisikan ke saya, 'Presiden Jokowi, ini baru awal. Nantinya akan muncul yang namanya Metaverse, restoran, wisata, mal virtual," kata Jokowi saat berpidato dalam Pembukaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (22/12/2021).

"Nanti semuanya dakwah virtual, pengajian virtual, betul-betul kita bertemu seperti ini bukan seperti sekarang yang masih v-con," sambungnya.

Menurut dia, Metaverse akan mengubah gaya hidup masyarakat. Jokowi pun ingin Indonesia juga cepat menyikapi perubahan teknologi yang semakin maju dan canggih, salah satunya Metaverse.

"Metaverse akan mengubah saya tidak tahu apakah karena pandemi dipercepat 5 atau 10 tahun. Tapi pasti datang," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Teknologi

Dia pun mengajak generasi muda NU untuk memanfaatkan teknologi untuk kemashatan umat. Terlebih, kata Jokowi, generasi muda dan santri-santri NU memiliki kompetensi di bidang teknologi.

"Apapun kedepan yang namanya teknologi harus mau tidak mau kita harus masuk ke sana. Karena kita ingin teknologi ini maslahat bagi umat, masyarakat. Jangan sampai malah membuat hal-hal negatif, merusak bagi rakyat kita," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi