Sukses

Kadin Kerja Sama dengan KPK, Cegah Pengusaha Jadi Objek Pungli

Bamsoet mengatakan, pengusaha kerap dilema dengan pungutan liar yang diarahkan kepada mereka. Menurut Ketua MPR ini, pengusaha kerap terjerat kasus suap lantaran adanya permintaan pengutan liar dari oknum pejabat negara.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum dan Pertahanan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan Bamsoet ke KPK untuk mengadakan kerjasama demi kesejahteraan pengusaha.

"MOU, kerjasama dengan KPK terutama dalam hal pemberantasan korupsi, pencegahan dari pada pengusaha-pengusaha Indonesia yang selama ini selalu menjadi objek pungutan, dikasih salah, enggak dikasih salah," ujar Bamsoet di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021).

Bamsoet mengatakan, pengusaha kerap dilema dengan pungutan liar yang diarahkan kepada mereka. Menurut Ketua MPR ini, pengusaha kerap terjerat kasus suap lantaran adanya permintaan pengutan liar dari oknum pejabat negara.

"Dikasih masuk penjara, enggak dikasih, enggak dapat proyek," kata Bamsoet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama dengan KPK

Atas dasar itu pihaknya ingin bekerja sama dengan KPK demi kepastian hukum bagi para pengusaha. Bamsoet berharap KPK bisa memberikan masukan terhadap para pengusaha agar terhindar dari celah korupsi yang ditawarkan penyelenggara negara.

"Kita harapkan kerjasama ini membuat orang jadi sungkan, atau ngeri kalau minta 'susu tante' pada para pengusaha, terutama anggota Kadin. Susu tante itu, sumbangan sukarela tanpa tekanan, tapi ditekan," kata Bamsoet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • Bambang Soesatyo