Sukses

Dampak Rob, Puluhan Ton Sampah Menumpuk di Kali Prancis Tangerang

Sampah tersebut terbawa dari laut ke Kali Prancis sejak pekan lalu, hingga akhirnya menumpuk menghalangi jalannya perahu nelayan yang terparkir di muara.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ton sampah yang terbawa banjir rob di Kali Prancis, Kelurahan Dadap, Kabupaten Tangerang, menumpuk menutupi aliran kali. Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat pun berjibaku membersihkan sampah yang terbawa dari laut tersebut.

Setidaknya, sampai hari ini ada 70 ton sampah lebih, yang diangkut dari aliran Kali Prancis. Sampah-sampah tersebut terbawa dari laut ke Kali Prancis sejak pekan lalu, hingga akhirnya menumpuk menghalangi jalannya perahu nelayan yang terparkir di muara.

"Sekitar 60 sampai 70 ton sampah telah kami angkut ke TPA Jatiwaringin. Kami bersihkan sejak hari Sabtu, 13 November kemarin, hingga hari ini masih terus dilakukan pembersihan," ujar Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik, Senin (15/11/2021).

Taufik mengatakan DLH mengerahkan 30 petugas dan 10 truk untuk mengangkat berbagai jenis sampah yang menutupi Kali Prancis.

Petugas mengangkut sampah secara manual menggunakan perahu, kemudian ditumpuk di pinggir kali. Setelah itu tumpukan sampah diangkut menggunakan truk untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerap Terjadi

Permasalahan sampah akibat banji rob ini menurut Taufik bukan sekali ini saja, melainkan jadi masalah yang selalu terjadi bilamana air laut pasang. Sampah pun berasal dari berbagai daerah, hingga menumpuk di Kali Prancis Dadap tersebut.

Makanya, pada saat air surut dan volume sampah sedikit, ada petugas yang selalu siaga untuk mengangkut sampah.

"Untuk mengantisipasi sampah yang datang dari hulu, ada petugas yang monitor dan angkut sampah saat masih sedikit, apabila air pasang pun sudah langsung petugas infokan supaya cepat diangkut sampahnya," kata Taufik. 

3 dari 3 halaman

Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.