Sukses

UMKM Sumba Timur Memanfaatkan Potensi Mendulang Rupiah

Sumba Timur merupakan kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang sudah terkenal dengan sejuta pesona alamnya.

Liputan6.com, Jakarta Sumba Timur merupakan kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang sudah terkenal dengan sejuta pesona alamnya. Ada beragam keunikan dan daya pikat yang seolah tak lekang oleh waktu. Keunikan-keunikan tersebut membuat Sumba Timur mengantongi sejumlah potensi yang bisa dikembangkan. Hasil alam dan budaya tersebut dikembangkan melalui pemberdayaan usaha-usaha yang dilakukan warga setempat. 

Salah satunya dengan pengembangan agrowisata yang ada di Kecamatan Kambera, merupakan salah satu objek wisata yang layak dikunjungi. Di sini, wisatawan dapat melihat beragam adat istiadat dan budaya kehidupan sosial yang menarik untuk disambangi.

"Bicara tentang UMKM khususnya di kabupaten sumba timur sekarang ini data terakhir itu ya 19394 umkm," ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Timur Merliyati Praing Simanjuntak. 

Ada 22 Kecamatan di Kabupaten Sumba Timur. Masing-masing Kecamatan akan didorong agar memiliki produk unggulannya. Dengan begitu paling kurang ada 22 produk unggulan UMKM Sumba Timur. Banyaknya UMKM yang ada di Sumba Timur menggambarkan potensi kekayaan alam yang dapat terus digali dan dikembangkan. Demi meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Potensi UMKM berbasis hasil bumi sangat besar. Beberapa produk seperti kacang mente, kopi dan kacang tanah sebagai hasil bumi yang punya potensi ekonomi bagi masyarakat. Hasil lahan pertanian lahan kering, seperti ubi dan buah-buahan dari Sumba Timur sudah terkenal memiliki cita rasa khas. Membuatnya berbeda dengan yang hasil pertanian dari daerah lain.

Buah-buah lokal, seperti Anonak dan Srikaya juga menjadi kekuatan. Kenapa disebut buah-buahan lokal? Karena buah-buah itu amat jarang ditemui di daerah lain. Buah-buahan lokal ini tentu akan menjadi sumber rupiah bagi masyarakat, khususnya UMKM jika dikelola dengan baik. 

Pembangunan yang berjalan secara terintegrasi merupakan mimpi yang sudah mulai dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Timur. Setiap potensi yang ada entah, kekayaan alam, budaya, maupun, hasil bumi diramu menjadi suguhan pariwisata yang tidak saja menarik, tapi juga lengkap.

Wisatawan yang mengunjungi Sumba Timur, akan mendapatkan rangkaian perjalanan wisata yang menjadi satu. Misalnya ketika wisatawan mengunjungi kampung Agrowisata, dia pun akan mendapatkan suguhan lain, seperti pemandangan alam yang menakjubkan plus sajian wisata budaya yang juga tiada duanya."Jadi 'rinduku pada Sumba' itu tidak sekedar puisi," tandas dia.

Sumba Timur begitu kaya akan potensi wisata. Ada begitu banyak objek wisata yang wajib masuk dalam daftar liburan Anda. Salah satu objek wisata yang ada di Sumba Timur, yakni Kampung Raja Prailiu. Objek wisata ini terletak di kecamatan Kambera.

Ketika menapakkan kaki di sini, pengujung tidak hanya disuguhkan dengan wisata alamnya yang indah. Namun juga budayanya yang masih kental. Siapa pun yang mengunjungi tempat seperti berangkat dengan mesin waktu menuju masa lalu. Sebab pengunjung akan disuguhi barisan rumah tradisional bergaya arsitekur lampau.

Daya tarik dari tradisi budaya yang dilakukan masyarakat asli Kampung Raja Prailiu ini memiliki keberagaman. Pengunjung bisa menikmati secara langsung berbagai kerajinan tangan khas masyarakat Sumba Timur. Wisatawan yang datang tidak akan bosan lantaran banyaknya jenis kerajinan yang bisa disaksikan di Kampung Raja Prailiu.

Anyaman tikar merupakan satu dari ragam kerajinan tangan khas yang bisa dijumpai di Kampung Raja Prailiu. Anyaman tikar sendiri merupakan salah satu benda seni primitif yang masih dilestarikan masyarakat kampung Prailiu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini