Sukses

Berlakukan Digitalisasi Pengurusan Kendaraan Bermotor, Korlantas: Pelayanan Lebih Simpel

Indra menyampaikan, pelayanan arsip digital membuat masyarakat lebih mudah menyimpan dokumen-dokumen ranmor.

Liputan6.com, Jakarta Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan sosialisasi soal digitalisasi kendaraan bermotor (ranmor) di Polresta Cimahi, Jawa Barat.

Korlantas Polri juga berbicara mengenai aplikasi arsip digital yang dapat memudahkan pelayanan.

Kasubdit BPKB Korlantas Polri, Kombes Indra Darmawan mengatakan, sosialisasi serupa sebelumnya telah dilakukan di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Polresta Solo. Kini, sosialisasi digelar di Polresta Cimahi.

"Ini memang road show terkait dengan pelayanan digital pendaftaran kendaraan bermotor, yang kami sosialisasikan di sini adalah penggunaan tentang arsip digital," ujar Indra di Porlesta Cimahi, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021).

Indra menyampaikan, pelayanan arsip digital membuat masyarakat lebih mudah menyimpan dokumen-dokumen ranmor. Di sisi kepolisian, arsip digital juga menghemat ruangan atau gudang yang dijadikan untuk lokasi penyimpanan.

"Kita cukup nanti disimpan di dalam sebuah server. Nah untuk pelayanan masyarakat sendiri, tentunya harapan kami ini kita dapat lebih mempercepat pelayanan tadi yang sifatnya masih manual, orang harus dateng dan sebagainya, sekarang yang dateng cukup datanya saja," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelayanan Dibuat Simpel

Indra mengatakan, pelayanan-pelayanan seperti mutasi, pendaftaraan, pemblokiran, hingga pembayaran pajak kendaraan ke depannya bisa dilakukan secara digital.

Sehingga, masyarakat hanya memerlukan gawai.

"Tidak perlu orang harus hadir, tapi cukup menggunakan aplikasi dari gadget atau HP yang kita miliki. Lebih simpel, lebih cepat, lebih transparan," kata Indra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.