Sukses

Suryatati, Wali Kota Tanjungpinang

Pasangan Suryatati Abdul Manan dan Wan Izhar Abdullah, akhirnya terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Mereka mengantongi 19 suara.

Liputan6.com, Tanjungpinang: Suryatati Abdul Manan terpilih menjadi Wali Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, periode 2002-2007. Pejabat Pelaksana Wali Kota Tanjungpinang itu memperoleh dukungan mayoritas suara anggota Dewan di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang, Ahad (22/12). Sebelumnya, Suryatati yang dicalonkan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan F-Persatuan Bangsa dipaketkan dengan Wan Izhar Abdullah.

Dari 25 suara yang diperebutkan, pasangan Suryatati-Wan Izhar memperoleh 19 suara. Sedangkan Nazief Susila Dharma, kandidat yang diusulkan F-Partai Amanat Nasional dan F-Kebangkitan Bangsa, hanya mengantongi lima suara. Sementara calon dari F-Partai Golongan Karya, Fawzi Saleh, cuma mendapat satu suara. Kemenangan duet Suryatati-Wan Izhar lantaran didukung dari mayoritas suara F-PDIP, yakni 10 suara. Suara lainnya berasal dari F-PG (lima suara), F-TNI/Polri (tiga), dan F-PP (tiga).

Kendati demikian, prosesi pemilihan Wali Kota Tanjungpinang berlangsung dalam suasana tegang. Bahkan, sejumlah aparat keamanan menjaga ketat ruang pemilihan. Sementara massa yang berencana menggelar aksi di depan halaman Gedung Wakil Rakyat, urung berunjuk rasa. Soalnya, mayoritas anggota Dewan memilih pasangan Suryatati-Wan Izhar.(ANS/Erwan Buntaro dan Aloysius Aran)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.