Sukses

Gempa Guncang Timor Tengah Utara, BNPB Beberkan Lindu Dahsyat di Masa Lalu

BPBD melaporkan bahwa berdasarkan pemodelan, gempa magnitudo 5,1 yang mengguncang Timor Tengah Utara itu tidak memicu tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merasakan guncangan gempa dengan magnitudo 5,1 pada Sabtu (21/8/2021) dini hari. Fenomena tersebut dirasakan warga selama tiga detik, berlangsung pada pukul 00.45 waktu setempat atau WIT.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Timor Tengah Utara menginformasikan tidak ada kepanikan yang terjadi dan kondisi masyarakat terbilang kondusif. 

BPBD juga melaporkan bahwa berdasarkan pemodelan, gempa tersebut tidak memicu tsunami.

Sebelum dimutakhirkan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,4. Sedangkan dilihat dari pusat gempa, pemutakhiran menunjukkan pusat gempa berada pada 123 km barat laut Timor Tengah Utara dengan kedalaman 76 km. 

"Melihat dari jenis dan mekanisme gempa bumi, fenomena ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah lempeng Eurasia. BMKG mencatat analisis mekanisme sumber gempa yang menunjukkan mekanisme pergerakan turun atau normal fault," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (21/8/2021).

Pada indikator kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa magnitudo 5,1 dirasakan di Timor Tengah Utara pada III – IV MMI dan Alor II – III MMI.

Skala IV MMI mendeskripsikan pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderit dan dinding berbunyi. Semakin tinggi MMI, semakin besar dampak yang dirasakan warga. 

Pascagempa tersebut, BMKG melaporkan belum adanya aktivitas gempa bumi susulan hingga Sabtu ini, yaitu pada pukul 02.30 waktu setempat atau 00.30 WIB. 

"Berdasarkan analisis InaRISK, Kabupaten Timor Tengah Utara termasuk wilayah dengan potensi gempa dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 20 kecamatan dengan jumlah penduduk 33.270 jiwa yang berpotensi terpapar gempa bumi dengan kategori tersebut. Namun demikian, catatan historis BMKG pada kurun waktu 1821 – 2018 menyebutkan tidak ada gempa terjadi di wilayah sekitar Timor Tengah Utara," jelas Abdul. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Beberapa Kali Dilanda Gempa

Mengutip catatan dari Wichmann dalam 'Waves of Destruction in the East Indies: the Catalogue of Earthquakes and Tsunami in the Indonesian Region from 1538 to 1877, Ron Haris peneliti paleotsunami dari Brigham Young University, bahwa Kupang pernah beberapa kali dilanda gempa dahsyat.

Antara lain pada prakiraan waktu antara 1793 – 1795 dengan VIII MMI, 1813 pada IX MMI, 1829 pada VIII MMI, sedangkan di Kota Dili, Timor Leste di tahun 1857 dengan IX – X MMI.

"Timor Tengah Utara yang berada di tengah Pulau Timor ini berjarak 210 km dari Kota Kupang di sisi timur. Sedangkan dengan Kota Dili berjarak 203 km di sisi barat," jelasnya. 

"Masyarakat selalu diimbau untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi gempa bumi. Dampak korban jiwa dan kerusakan lebih disebabkan karena struktur bangunan yang tidak mampu menahan guncangan, dan bukan fenomena gempanya," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Timor Tengah Utara

  • BMKG Terkini