Sukses

Penjelasan Lengkap Makna Logo dan Tema HUT ke-76 RI

Hari Ulang Tahun atau HUT ke-76 RI akan dirayakan Selasa besok 17 Agustus 2021. Tema yang diusung tahun ini adalah Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun atau HUT ke-76 RI akan dirayakan Selasa besok 17 Agustus 2021. Tema yang diusung tahun ini adalah Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Seluruh tema dan logo peringatan HUT ke-76 RI itu tertuang dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.446/M/S/TU.00.04/06/2021 tertanggal 16 Juni 2021.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) www.setneg.go.id, terdapat sejumlah makna pada tema, logo, dan makna peringatan HUT ke-76 RI yang masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh yang diangkat pada 2021 ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Berikut penjelasan lengkap terkait tema dan logo peringatan HUT ke-76 RI dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Filosofi Logo

Logo Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini yaitu 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.'

Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depanyang lebih baik.

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometrisyang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

 

3 dari 3 halaman

Makna Logo

Terdapat empat makna dalam logo yang diusung HUT ke-76 RI pada 2021 ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

Stabilitas Pembangunan

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Bentuk ini melambangkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadilandasan berbangsa dan bernegara.

Gerak dan Pertumbuhan

Bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang & roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Ruang Kebersamaan

Bentuk ini diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Selain itu dapat diasosiasikan bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Persatuan dan Harapan

Bentuk 'lingkaran' merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia.

 

(Cindy Violeta Layan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.