Sukses

Jokowi: Walau Sudah Ada Perbaikan, Kasus Covid-19 Masih Sangat Dinamis dan Fluktuatif

Jokowi menyebut situasi Covid-19 di Indonesia sudah mulai membaik karena kebijakan PPKM Level 4.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut situasi Covid-19 di Indonesia sudah mulai membaik karena kebijakan PPKM Level 4.

Namun, kata dia, masyarakat harus tetap waspada karena kasus Covid-19 saat ini masih fluktuatif atau naik turun.

"Walau sudah ada perbaikan, namun perkembangan kasus Covid-19 masih sangat dinamis dan fluktuatif. Sekali lagi, kita harus terus waspada dalam melakukan berbagai upaya dalam mengendalikan kasus Covid-19 ini," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Dalam penanganan Covid-19, dia mengatakan bahwa pemerintah bertumpu kepada tiga pilar utama. Pertama, percepatan vaksinasi khususnya, di wilayah-wilayah pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi.

Kedua, penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) yang masif di seluruh komponen masyarakat. Ketiga, kegiatan testing, tracing, isolasi dan treatment secara masif.

"Termasuk menjaga BOR (keterisian tempat tidur), penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan pasukan obat-obataan dan oksigen," tutur Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Penghargaan

Disamping itu, Jokowi menyampaikan penghargaan kepada para tenaga kesehatan, dokter, perawat yang berada di garda terdepan dalam menyelamatkan jiwa manusia akibat Covid-19. Dia juga mengapresiasi partisipasi dan dukungan dari para relawan dan dermawan.

Menurut dia, mereka telah ikut membantu pemerintah dalam menegakkan protokol kesehatan, memfasiltiasi isolasi mandiri serta upaya-upaya sosial lainnya. Jokowi menekankan bahwa Covid-19 adalah tantangan yang harus diatasi bersama-sama.

"Melalui usaha dan kerja keras serta pengorbanan kita dalam menjalani berbagai pembatasan kegiatan ini, Insya Allah kita segera terbebas dari pandemi Covid-19 ini," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PPKM Level 4 adalah upaya pemerintah yang dikeluarkan untuk mengatur perpanjangan PPKM Darurat.

    PPKM Level 4

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19