Sukses

Jokowi: Gas dan Rem Harus Dilakukan Dinamis Sesuai Perkembangan Covid-19

Menurut Jokowi, pengaturan pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat juga menyesuaikan data-data Covid-19 di hari-hari terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa kebijakan penanganan Covid-19 yang diambil pemerintah dilakukan secara dinamis sesuai dengan situasi dan kondisi di hari-hari terakhir. Oleh sebab itu, kebijakan pemerintah sering berubah.

"Gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai dengan perkembangan Covid-19 di hari-hari terakhir. Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang," jelas Jokowi dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Menurut dia, pengaturan pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat juga menyesuaikan data-data Covid-19 di hari-hari terakhir. Hal ini pilihan kebijakan pemerintah tepat baik untuk kesehatan maupun perekonomian.

"Dalam situasi apa pun, kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan adalah kunci bagi kesehatan dan mata pencaharian masyarakat," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertumpu pada 3 Pilar

Jokowi menyampaikan bahwa kebijakan dalam penanganan pandemi Covid-19 akan bertumpu pada 3 pilar utama. Pertama, percepatan vaksinasi khususnya, di wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi.

Kedua, penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) yang masif di seluruh komponen masyarakat. Ketiga, kegiatan testing, tracing, isolasi dan treatment secara masif.

"Termasuk menjaga BOR (keterisian tempat tidur), penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan pasukan obat-obataan dan oksigen," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona