Sukses

BPIP soal Paskibraka Sulbar Gagal ke Jakarta: Tetap Tenang

Rima Agristina meminta semua pihak tetap tenang menyikapi apa yang terjadi dengan Kristina

Liputan6.com, Jakarta Deputi Pengendalian dan Evaluasi, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina meminta semua pihak tetap tenang menyikapi apa yang terjadi dengan Kristina, calon Paskibraka Nasional 2021 asal Sulawesi Barat yang gagal ke Jakarta.

"BPIP mengharapkan agar semua pihak dapat tenang dalam menyelesaikan persoalan tersebut di atas dan lebih mengedepankan musyawarah dengan tetap berpegang teguh kepada hukum positif," kata Rima dalam keterangannya, Jumat (30/7/2021).

Di sisi lain, dia meminta calon Paskibraka lain tetap fokus dan menjalankan diklat untuk persiapan upacara peringatan hari Kemerdekaan RI.

"Dan bersiap untuk melaksanakan tugas pada upacara peringatan hari kemerdekaan RI, tetap patuh menjalankan protokol pencegahan Covid-19," tutur Rima.

Perlu diketahui, mulai tahun ini BPIP mendapat amanah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka.

Adapun pelaksanaan ini akan dilaksanakan bersama Kemenpora sejak tahapan perekrutan dan seleksi, hingga tahapan pengukuhan Paskibraka. Nantinya, mereka juga akan ditetapkan sebagai duta Pancasila.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sikap Kemenpora

Sebelumnya, Kristina dinyatakan positif Covid-19 saat melakukan swab test PCR pada Sabtu, 24 Juli 2021 atau satu hari sebelum keberangkatannya menuju Pusat Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka di Cibubur, Jakarta Timur.

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Asrorun Niam Sholeh menjelaskan, penetapan calon Paskibraka di tingkat nasional wakil provinsi menjadi kewenangan penuh provinsi, termasuk soal penggantianya.

"Penggantian Capasnas putri dari Sulawesi Barat atas nama Kristina kepada Anggie Fricillia Tamuntuan dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat dengan pertimbangan hasil swab test Kristina positif Covid-19," kata Asroun, Kamis 29 Juli 2021.

 

 

Reporter: Intan Umbari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.