Sukses

Top 3 News: Faldo Maldini Jadi Stafsus Menteri

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Faldo Maldini ditunjuk sebagai Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg). Berita tersebut masuk terpopuler di kanal News Liputan6.com.

Penunjukan Faldo tersebut menuai beragam komentar. Karena sebelumnya, Faldo dikenal sebagai sosok yang kerap mengkritik kebijakan Jokowi dan juga pribadinya. Hal ini diungkap politikus PKB Abdul Kadir Karding.

Menurut Karding, dengan kini berada pada satu jalan dengan pemerintahan yang kerap dia kritik, tugas baru tersebut dinilai akan terasa lebih berat. Lantas apa tanggapan Faldo terkait anggapan tersebut?

Menurut politikus PSI tersebut, mengkritisi bukan berarti musuh. Terkait tugas baru dari Presiden Jokowi yang diembannya saat ini, Faldo menyebutnya sebagai amanah dari negara.

Berita terpopuler lainnya terkait perkembangan kasus baru positif Covid-19 di Tanah Air. Setiap harinya, kasus harian terus mengalami kenaikan.

Dilaporkan pada Rabu, 28 Juli kemarin, jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 secara nasional telah mencapai 3.287.727 orang setelah naik 47.791 kasus. 

Sedangkan kasus kematian di Tanah Air bertambah 1.824 orang. Maka total akumulatifnya sebanyak 88.659 orang meninggal dunia akibat virus Corona.

Sementara itu, buntut dari tindak kekerasan yang dilakukan dua oknum anggota TNI AU terhadap seorang warga di Merauke, Papua, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo akan mencopot Komandan Lanud Johanes Abraham Dimara (Lanud Dma) dan Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Dma.

Setelah kasusnya naik ke tahap penyidikan, keduanya kini telah ditetapkan sebagai tersangka tindak kekerasan. Aksi kekerasan tersebut sempat viral. Dua oknum anggota TNI AU tersebut diduga menginjak salah satu kepala warga saat tengah melerai Keributan di Merauke.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 28 Juli 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 4 halaman

1. Faldo Maldini Jadi Stafsus Menteri, Karding PKB: Berat Mengabdi pada Orang yang Dikritik

Faldo Maldini ditunjuk sebagai Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg) Pratikno. Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini sebelumnya menjadi juru bicara Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Politikus PKB yang juga mantan Wakil Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, Abdul Kadir Karding menilai seyogyanya Faldo tidak mengambil jalan ini. Karena dia kerap menyerang pribadi Jokowi saat berbeda pilihan dalam Pilpres.

"Dulu mungkin dia mengkritik Jokowi karena dia ada di PAN yang berbeda dengan koalisi 01. Tapi apa pun itu kalau menurut saya, sebagai aktivis ini, kalau misal saya agak berat ya. Karena dulu yang dikritik bukan kebijakan saja, tapi kepada orangnya," ujar Karding, Selasa (27/7/2021).

Dengan masuk ke gerbong pemerintahan, kata Karding, Faldo berada dalam posisi yang berat. Dia harus mengabdi kepada orang yang dulu dikritiknya.

Karding menduga, pengangkatan Faldo Maldini karena koneksinya sebagai politikus PSI saat ini. Faldo diketahui menjabat sebagai Ketua DPW PSI Sumatera Barat. Sejak akhir 2019 lalu, ia mengundurkan diri dari PAN.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Update Rabu 28 Juli 2021: 3.287.727 Positif Covid-19, Sembuh 2.640.676, Meninggal 88.659

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kembali melaporkan masih adanya penambahan kasus positif, sembuh, dan meninggal dunia akibat virus Corona di Indonesia.

Terdapat penambahan 47.791 kasus positif Covid-19 pada hari ini, Rabu (28/7/2021).

Dengan begitu, total akumulatifnya menjadi 3.287.727 orang hingga saat ini terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Indonesia.

Seiring pula kasus sembuh bertambah 43.856 orang pada hari ini. Jadi total akumulatif sampai kini ada 2.640.676 pasien di Indonesia sudah berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara itu, penambahan angka meninggal dunia pada hari ini ada 1.824 orang. Total akumulatifnya di Indonesia sebanyak 88.659 orang meninggal dunia akibat virus Corona yang menyebabkan Covid-19 hingga kini.

Data update pasien Covid-19 ini tercatat sejak Selasa 27 Juli 2021, pukul 14.00 WIB hingga hari ini pada jam yang sama.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kronologi Oknum Anggota TNI AU Injak Kepala Warga Saat Lerai Keributan di Merauke

Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah memastikan akan menindak tegas dua oknum anggota TNI AU yang diduga melakukan kekerasan terhadap seorang warga di Jalan Raya Mandala – Muli, Merauke. Kejadian ini viral di media sosial.

"Kita akan tindak lanjuti kejadian ini, kedua oknum anggota ini akan ditindak secara tegas, sesuai aturan hukum yang berlaku di lingkungan TNI," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa, 27 Juli 2021.

Indan menerangkan, pihaknya menyesalkan kejadian tersebut. Ia memastikan kejadian ini sudah ditangani Satuan Polisi Militer Lanud Johannes Abraham Dimara (Dma), Merauke.

"Kedua oknum anggota Lanud Dma ini sudah ditahan di Satpomau, dan proses hukumnya sedang berjalan," terang dia.

Dalam kesempatan itu, Indan menerangkan kronologi kejadian. Dia mengungkapkan, peristwia itu berawal pada saat kedua anggota TNI hendak membeli makan di salah satu rumah makan padang yang ada di Jalan Raya Mandala–Muli, Merauke, Senin 26 Juli 2021.

 

Selengkapnya...