Sukses

Pemkot Tangsel Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Aman Sampai Agustus

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok di Agustus 2021, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) pastikan stok vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat tersedia dan aman.

Pasalnya, sebanyak 70 persen dari jumlah penduduk di Tangsel harus sudah selesai tervaksinasi pada bulan Agustus 2021. Target itu diberikan oleh pemerintah pusat bagi wilayah yang masuk ke dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang sebelumnya PPKM Darurat.

"Alhamdulillah, kita memang menghitungnya per minggu yah. Kalau per minggu sampai hari ini kita masih ada stok kurang lebih 11 ribu vial dan itu akan kita habiskan per minggu," tutur Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Senin (26/7/2021).

Bila stok 11 ribu vial itu habis per minggunya, pemerintah pusat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Banten akan mengirimkan kembali stok vaksin ke Kota Tangsel. Begitu seterusnya, hingga target herd immunity tercapai di Agustus 2021.

"Seminggu sekali pengiriman vaksin, kan harus disimpan di suhu kalau Sinovac 2 sampai 8 derajat, kita kan enggak punya gede-gede banget tempatnya. Ya, kalau itu (ketersediaan vaksin) dijamin baik dari Dinkes Provinsi maupun dari Kemenkes, kalau ketersediaan vaksin terjamin," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Warga yang Divaksinasi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar, menuturkan sudah ada 290 ribu warga Tangsel yang tervaksinasi.

"Data, Sabtu 24 Juli tercatat ada 298.059 atau 28 persen warga Tangsel," tutur Allin.