Sukses

Wagub DKI Ingatkan Peran Penting Jurnalis di Tengah Meningkatnya Kasus Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengucapkan terima kasih kepada jurnalis yang selalu mengingatkan pemerintah dan masyarakat terkait penanganan Covid-19.

"Bukan hanya memberitakan, tapi ikut menangani dengan terus mengingatkan pemerintah dan warga," kata Riza saat webinar bersama wartawan di Jakarta, Kamis (15/7/2021). 

Riza menyatakan para pewarta daring (online) maupun elektronik sejak awal terlibat aktif mencari, menggali, dan menyampaikan informasi mengenai COVID-19 untuk masyarakat. Terlebih, menurut Riza, para jurnalis harus turun meliput ke lokasi yang penuh risiko tinggi terpapar COVID-19.

Pada kesempatan itu, Riza membuka diskusi dengan para pekerja media massa untuk memikirkan strategi dan konsep terkait risiko terpapar COVID-19 bagi jurnalis ketika sedang meliput di lapangan.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, Jakarta sebagai pusat interaksi masyarakat dari seluruh wilayah di Indonesia sehingga memiliki risiko tinggi terhadap penyebaran COVID-19.

Selain itu, Jakarta merupakan Ibu Kota yang tersebar pusat perkantoran, pusat perdagangan, sentral bisnis hingga pusat pemerintahan yang terdampak paparan COVID-19.

Diungkapkan Riza, DKI Jakarta memiliki fasilitas kesehatan yang lebih baik dibanding daerah lain, namun hal itu tidak akan maksimal jika masyarakat tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mengendalikan kasus Covid-19.

"Tapi tidak ada artinya kalau kita semua warga Jakarta tidak disiplin, tidak patuh, tidak bertanggung jawab untuk tetap berada di rumah," ujar Riza.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini