Sukses

Panglima TNI: Petugas PPKM Mikro Harus Optimal Cegah Lonjakan Kasus Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan, para petugas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro harus bekerja optimal guna menekan penyebaran kasus Covid-19 di Tanah Air.

"Sekali lagi saya tekankan agar setiap petugas PPKM skala mikro harus mengetahui tugasnya secara detail disertai dengan pemahaman yang baik," kata Hadi di Jakarta, Sabtu (19/6/2021) malam.

Tujuannya, lanjut dia, supaya tugas yang diberikan bisa dilakukan dengan optimal. Baik untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan, penyekatan, pelacakan, pengawasan isolasi mandiri, pemantauan, dan distribusi logistik.

Hal itu termasuk pula melaksanakan secara terus menerus pemantauan kasus aktif, angka kematian, angka kesembuhan, hingga kapasitas keterisian tempat tidur isolasi untuk dilaporkan secara objektif dan menjadi bahan evaluasi yang tepat guna mengambil langkah selanjutnya.

"Data yang objektif tentu akan memungkinkan mengambil langkah antisipasi dengan segera mencegah terjadinya lonjakan kasus," kata dia seperti dikutip Antara.

Di samping itu, kata dia, langkah perawatan harus berjalan dengan baik mulai dari ketersediaan tempat tidur rumah sakit, tenaga kesehatan, alat kesehatan yang dibutuhkan, obat-obatan, serta tempat dan pelaksanaan isolasi mandiri.

"Posko PPKM skala mikro harus mampu melacak kontak erat, pengawasan ketat isolasi mandiri, menutup tempat umum, melarang kerumunan, membatasi keluar masuk RT/RW, dan pencatatan data," tegas Panglima TNI.

 

2 dari 3 halaman

Pesan Kapolri

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada 4 Pilar agar terus melakukan mapping, jangan sampai ada orang luar atau tak dikenal masuk ke wilayah RT atau RW mereka.

"Terus lakukan pengecekan dan edukasi terhadap warga terutama dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes)," kata Sigit, Sabtu (19/6/2021).

"Ada mobil dapur umum disiapkan oleh Brimob. Seandainya ada warga yang terpapar segera dibawa ke rumah sakit atau Wisma Atlet atau isolasi mandiri," sambungnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga meminta 4 Pilar untuk terus melakukan edukasi kepada warga untuk menerapkan prokes Covid-19.

"Apa yang dilakukan 4 pilar sudah bagus. Terus edukasi masyarakat. Jangan kendor dan patuhi prokes," ujarnya.

Hal itu disampaikan Kapolri saat bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto blusukan ke sejumlah wilayah yang masih tinggi penyebaran Covid-19. Kali ini, keduanya ke RT 003/003 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: