Sukses

Kemendikbudristek: Masyarakat Adat Cenderung Tidak Tersentuh Covid-19

Masyarakat adat dapat mengisolasi diri karena dengan kearifan lokal bisa menguatkan imunitas tubuhnya, kebutuhan nutrisi serta tidak tergoncang dengan adanya pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbudristek Sjamsul Hadi mengatakan masyarakat adat cenderung tidak tersentuh pandemi Covid-19.

"Pandemi ini banyak terjadi di perkotaan. Justru masyarakat di perkampungan bahkan masyarakat adat tidak tersentuh Covid-19," ujar Sjamsul seperti dilansir dari Antara.

Dia menambahkan masyarakat adat menjunjung tinggi kearifan lokal. Misalnya masyarakat Baduy di Kanekes, Banten dan masyarakat adat Dayak di Kalimantan.

"Banyak lokus masyarakat adat berada, pandemi tidak masuk ke dalamnya," ungkap Sjamsul.

Menurut dia, masyarakat dapat mengisolasi diri karena dengan kearifan lokal bisa menguatkan imunitas tubuhnya, kebutuhan nutrisi serta tidak tergoncang dengan adanya pandemi COVID-19.

"Melalui webinar ini, membuka wacana baru dan masyarakat bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Indonesia," kata Sjamsul. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan ke Masyarakat Lebih Berupa Instruksi

Sjamsul menambahkan, dalam pandemi, yang paling terasa kesenjangan pemahaman tentang Covid-19, karena cukup banyak kelompok yang mendatangi pusat belanja dan menimbulkan kerumunan.

Menurutnya, selama ini pesan yang disampaikan ke tengah masyarakat lebih berupa instruksi.

"Mungkin dengan pemahaman yang lebih baik tentang virus Covid-19, masyarakat dapat diajak untuk berpikir ilmiah berdasarkan sumber yang jelas sekaligus bisa mengatasi "infodemik" (informasi berlebihan yang beredar luas, sehingga membingungkan dan menyulitkan upaya penanganan wabah itu sendiri) yang terjadi," ujar Sjamsul. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.