Sukses

Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Tangerang, Ma'ruf Amin: Jangan Sampai Tracingnya Rendah

Ma'ruf mengapresiasi langkah Pemkot Tangerang yang terus melakukan pemberian vaksin kepada masyarakat, namun hal tersebut harus sejalan dengan penerapan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'aruf Amin meninjau langsung proses vaksinasi massal di Gedung Pusat Pemerintahan pada Selasa (15/6/2021). Setidaknya, ada 5 ribu warga Kota Tangerang yang divaksinasi hari ini di lokasi tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Wapres melihat langsung jalananya vaksinasi 5 ribu masyarakat Kota Tangerang. Mulai dari meja registrasi, observasi, penyuntikan, dan juga sempat menyapa masyarakat Kota Tangerang yang akan divaksinasi.

Dalam tinjauannya, Wapres mengungkapkan, harus ada kerja sama antara semua pihak agar vaksinasi bisa mencapai target nasional, yakni sebanyak 1 juta vaksin setiap hari.

Ma'ruf Amin juga mengapresiasi langkah Pemkot Tangerang yang terus melakukan pemberian vaksin kepada masyarakat, namun hal tersebut harus sejalan dengan penerapan protokol kesehatan. Selain itu, Wapres juga meminta agar jumlah testing dan tracing bisa ditingkatkan. 

"Upaya testing harus terus dilakukan, juga tracing jangan sampai tracingnya rendah. Kalau bisa sesuai dengan standar WHO, jika 1 orang terinfeksi lakukan penulusuran kepada 30 orang. Juga penyediaan fasilitas, yaitu untuk mereka yang terpapar. Puskemas maupun rumah sakit atau tempat isolasi agar disiapkan," tutur Wapres.

Pemerintah daerah juga diminta untuk tetap mengawasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Masyarakat juga diminta kerjasamanya untuk menjaga diri dan sesama agar pandemi Covid-19 bisa dikendalikan. Karena kunci dari pengendalian Covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Bersama sama segera atasi Covid-19 melalui vaksin dan Prokes, karena menjaga diri itu adalah hal yang wajib," lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Pemerintah Pusat

Ma'ruf menambahkan untuk mencapai satu juta vaksin per hari, Pemerintah Pusat akan membantu Pemkot Tangerang untuk memenuhi kebutuhan vaksin bagi masyarakat Kota Tangerang, hingga mencapai target sebesar 70 persen dari total warga Kota Tangerang.

"Hal ini akan dikomunikasikan dengan kepala BNPB dan juga Menkes untuk distribusi vaksin ataupun vaksinatornya," jelasnya. 

Dalam tinjauannya, Wapres Maaruf Amin didampingi oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Banten Andhika Azrumi, dan tuan rumah Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.