Sukses

Klaster Pernikahan di Bekasi, 24 Warga Terpapar Covid-19

Pengurus RT setempat menerapkan micro lockdown untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Liputan6.com, Bekasi - Sebanyak 24 warga di Perumahan Villa Mutiara Gading 1, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terpapar Covid-19 usai mengikuti resepsi pernikahan. Micro lockdown pun diberlakukan di wilayah tersebut.

Sebagian warga yang terpapar dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19, dan sebagian lainnya isolasi mandiri di kediaman masing-masing. Saat ini di wilayah tersebut sudah diberlakukan micro lockdown.

"Pengurus perumahan bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Tarumajaya mulai hari ini melakukan lockdown mikro," kata Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, klaster baru di perumahan tersebut ditemukan setelah ada empat warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 usai menghadiri acara pernikahan. Dan setelah dilakukan tes usap massal terhadap 120 warga, ditemukan lagi 20 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapkan Micro Lockdown

Untuk mengantisipasi penyebaran semakin meluas, pengurus setempat memutuskan menerapkan kebijakan micro lockdown. Hal ini bertujuan membatasi kegiatan masyarakat yang dapat menimbulkan kerumunan.

"Termasuk akses masuk warga luar yang hendak masuk ke perumahan ini juga dibatasi," ujar Hendra.

Selain itu, petugas juga masif melakukan 3T (Tracing, Tracking, dan Treatment) terhadap warga sekitar perumahan untuk menekan penyebaran virus.

"Kami akan terus melakukan swab antigen dan PCR sebagai upaya pelacakan," pungkas Hendra.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.