Sukses

Charoen Pokphand Indonesia Seremoni Peletakan Batu Pertama kepada FP UNS

PT. Charoen Pokphand Indonesia. Tbk (CPI) melaksanakan program CSR berupa hibah kandang Close House kepada Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Liputan6.com, Jakarta PT. Charoen Pokphand Indonesia. Tbk (CPI) melaksanakan program CSR berupa hibah kandang Close House kepada Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Kerjasama tersebut sebenarnya telah ditandatangani sejak tahun 2019, oleh Hartono Ludy (Regional Head Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Foundation) dan Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng (Dekan Fakultas Pertanian UNS). namun karena pendemi Covid-19 maka pembangunan kandang baru terealisasi pada tahun 2021 ini,

Pada hari ini kamis, 3 Juni 2021, dilaksanakan peletakan batu pertama oleh Rektor UNS, Prof. Dr. H. Jamal Wiwoho,S.H.,M.Hum. dan Andi Magdalena Siadari SH. MH. Selaku Sekertaris Jenderal Charoen Pokphand Foundation Indonesia.

Program Teaching Farm merupakan program pemberian hibah berupa kandang ayam Closed House modern beserta peralatannya kepada beberapa Universitas Sebelas Maret Surakarta, closed house tersebut dibangun di Desa Jatikuwung Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar sebagai salah satu bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), dalam rangka mendukung program pemerintah dalam membangun sinergi antara dunia industry/ dunia usaha dengan perguruan tinggi yang sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam pelaksanaan dan pengelolaan Teaching Farm tersebut sepenuhnya akan didampingi oleh tim professional CPI yang akan mengajarkan dan berbagi pengetahuan teknis tentang budi daya ayam modern kepada mahasiswa/i.

Teaching Farm tersebut juga akan digunakan sebagai sarana penelitian, pengembangan praktik budidaya ayam dan media aplikasi ilmu pengetahuan serta sebagai gambaran miniatur dunia usaha. 

Dengan adanya hibah Kandang Ayam Closed House ini, Fakultas Pertanian khususnya jurusan Peternakan Universitas Sebelas Maret kini memasuki fase teknologi yang lebih tinggi, dimana teknologi peternakan ayam broiler (ayam pedaging) saat ini sudah masuk pada manajemen level teknologi tinggi, diharapkan dengan hibah ini mahasiwa/i akan lebih meningkat kemampuannya dan kualitas SDM lulusannya akan menjadi lebih unggul dan kompetitif.

Selain Teaching Farm PT.Charoen Pokphand Indonesia. Tbk, melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia telah memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa/I Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah dimulai sejak tahun 2018.

“Berharap tidak hanya jurusan peternakan yang memanfaatkan Closed House ini, di Closed House terdapat berbagai macam ilmu yang dapat diperlajari, ilmu ekonomi, teknik sipil, kelistrikan dll, dan mempersilahkan agar seluruh fakultas dapat terlibat di dalam kegiatan Closed House ini, dan kami dari Charoen Pokphand siap mendampingi, karena kami memiliki tenaga  profesional-profesional dibidangnya,  diharapkan dengan self funding fakultas peternakan khususnya prodi peternakan dapat berbuat banyak dari hasil pemeliharaan kandang tersebut” Kata Ibu Andi Madgalena Siadari, S.H., M.H. selaku perwakilan dari Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) dalam sambutannya. 

“Dengan pembangunan closed house dari Chareon Pokphan ini diharapkan prodi perternakan akan mampu memainkan perannya dengan baik, goalnya hasil dari penelitian dapat dirasakan oleh masyarakat umum, diharap masyarakat mengetahui bahwa ayam boiler hebat itu berasal dari prodi perternakan UNS,” pesan Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.