Sukses

Wagub DKI: Atasi Banjir di Jakarta Tak Mudah, Perlu Waktu

Riza mengakui jika genangan seringkali muncul saat hujan deras di sejumlah titik di Jakarta.

 

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bila untuk mengatasi banjir di Ibu Kota tidak mudah. Kata dia, diperlukan proses dan waktu untuk mengatasi hal tersebut.

"Memang mengatasi banjir itu tidak semudah membalikkan tangan. Perlu waktu, perlu proses, perlu pembiayaan," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021).

Riza mengakui jika genangan seringkali muncul saat hujan deras di sejumlah titik di Jakarta. Kendati begitu, dia menyatakan genangan itu cepat surut.

"Kita lihat banjir kemarin kan cuma satu hari selesai. Genangan turun cepat," jelas Riza.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, M Insaf menyatakan ada 14 RT di Ibu Kota yang terendam banjir akibat hujan deras dan luapan Sungai Ciliwung.

Insaf menyatakan jumlah tersebut tersebar di dua wilayah kota administrasi yakni Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

"Data hingga pukul 06.00 WIB informasi genangan saat ini ada 14 RT atau 0,046 persen dari 30.470 RT tergenang," kata Insaf dalam keterangan tertulis, Selasa (25/5/2021).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 RT di Jaktim Tergenang

Lanjut dia, untuk wilayah Jakarta Timur terdapat 3 RT yang tergenang. Yakni di Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian 70 sampai 90 centimeter.

"Dengan jumlah 3 RT penyebab luapan Kali Ciliwung," ucapnya.

Kemudian untuk Jakarta Selatan terdapat 11 RT yang tergenang. Yakni di Kelurahan Jatipadang dengan ketinggian 40 centimeter.

"Penyebab genangan di Jakarta Selatan karena curah hujan tinggi," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.