Sukses

Pemudik Reaktif Covid-19 saat Arus Balik Akan Dibawa ke RSD Wisma Atlet

Petugas gabungan telah menyiapkan kendaraan bagi pemudik yang dinyatakan reaktif Covid-19 untuk dibawa ke RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas gabungan akan melakukan tes swab antigen secara acak terhadap pemudik atau penumpang kendaraan yang masuk wilayah Jakarta dan sekitarnya saat arus balik Lebaran 2021. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan, pemudik atau penumpang kendaraan yang diketahui reaktif Covid-19 akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR dan isolasi sementara.

"Kalau ada yang reaktif maka dari pihak pemda melalui Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI akan memeriksa yang bersangkutan dan membawa ke wisma atlet untuk dilanjutkan dengan PCR. Selama menunggu hasil PCR maka dia akan diisolasi," kata Sambodo di Jakarta, Sabtu (15/5/2021).

Sambodo mengatakan, Ditlantas Polda Metro Jaya akan menempatkan 12 pos titik pemeriksaan antigen terhadap pengendara kembali dari luar kota menuju Jakarta.

Bagi pengendara yang melintasi Tol Cikampek-Jakarta, petugas akan memeriksa surat bebas Covid-19 secara acak atau random di KM 34B.

Seperti dilansir Antara, apabila pengendara tidak dapat menunjukkan surat bebas Covid-19, maka akan diarahkan untuk menjalani tes antigen.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Kendaraan Menuju RSD Wisma Atlet

Ketika diketahui hasilnya reaktif maka orang tersebut akan dibawa ke RSD Wisma Atlet untuk tes usap PCR dan isolasi mandiri sementara hingga hasil PCR keluar.

Sambodo menambahkan, pihaknya menyiapkan kendaraan bus untuk mengangkut pendatang yang reaktif menuju Wisma Atlet dengan periode pemberangkatan sejam sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.