Sukses

Antisipasi Arus Balik, Anies Minta RT/RW Catat Warga yang Kembali ke Jakarta

Anies juga meminta kepada warga yang kembali tiba di Jakarta, dilakukan dua lapis screening.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan menegaskan, pengendalian virus corona tetap berjalan di lingkup terkecil masyarakat yakni RT/RW. Menurut dia, ketua tiap wilayah harus aktif mendata setiap warga, khususnya yang melaksanakan mudik Lebaran.

"Pengendalian berlangsung di level lingkungan warga, dengan mendata warga yang telah kembali memasuki kediaman masing-masing (di lingkungan Jakarta)," kata Anies dalam keterangannya, seperti dikutip melalui akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Sabtu (15/3/2021).

Anies meminta kepada Gugus Tugas Covid-19 di tingkat RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Babinkamtibmas, dan Babinsa dapat berkolaborasi untuk mendata warga yang masuk ke wilayahnya.

"Seluruh warga yang datang akan dipantau, diperiksa kesehatannya, bergejala/tidak, dan akan dilakukan tes rapid antigen," tegas Anies.

Anies juga meminta kepada warga yang kembali tiba di Jakarta, dilakukan dua lapis screening. Pertama sebelum masuk wilayah DKI dan kedua ketika sudah sampai di tempat tinggalnya.

"Nanti kita siapkan aplikasi khusus untuk para ketua RT/RW melaporkan kondisi di wilayahnya," ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Berjalan Sinkron

Anies berharap, koordinasi berlapis dari jenjang RT/RW hingga provinsi bisa berjalan sinkron melalui pertemuan khusus seluruh jajaran Gugus Tugas Covid-19 di setiap Kecamatan.

"Ini agar bisa mencegah terjadinya lonjakan kasus aktif pascalibur Lebaran," Anies menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.