Sukses

Terminal Pulogebang Berlakukan Tes Usap Antigen bagi Penumpang Arus Balik

Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan nantinya akan ada pengambilan tiga sampel secara acak dari penumpang bus luar kota yang baru tiba di Terminal Pulogebang.

Liputan6.com, Jakarta Mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik Lebaran yang tiba di Terminal Pulogebang

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar mengatakan akan disiapkan 400.000 alat tes usap antigen untuk para pemudik yang tiba di Pulogebang.

"Tentu kita akan lakukan tes usap antigen gratis terlebih dahulu. Jadi bus dari luar kota sampai, tidak mungkin langsung gabung ke terminal," kata Anwar dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (15/5/2021) dilansir Antara.

Dia menambahkan, nantinya akan ada pengambilan tiga sampel secara acak dari penumpang bus luar kota yang baru tiba di Terminal Pulogebang.  

"Ketiga sampel tersebut diambil dari penumpang bus yang duduk di bagian depan, tengah dan juga bagian belakang," jelas Anwar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Ditemukan Reaktif, Seluruh Penumpang Bus Diisolasi

Apabila ditemukan reaktif Covid-19 di dalam satu bus dari hasil tes usap antigen, maka seluruh penumpang akan diisolasi dan dilakukan tes usap PCR (polymerase chain reaction).

Sedangkan bus tersebut disterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.⁣⁣

"Kalau ada yang positif maka isolasi, kalau negatif maka mereka boleh pulang ke rumahnya masing-masing," ujar M. Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.