Sukses

INFOGRAFIS: Alokasi Anggaran Kementerian Pertahanan, untuk Alutsista Masih Minim

Dari anggaran yang diberikan kepada Kementerian Pertahanan setiap tahunnya, pengeluaran terbanyak masih untuk gaji pegawai, sehingga alokasi untuk alutsista masih terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mendapatkan anggaran sebesar Rp 127,35 triliun pada tahun 2020, sedangkan untuk tahun ini, setelah anggaran dipotong Kementerian Keuangan pada Februari lalu, lembaga yang dipimpin Prabowo Subianto itu menerima sekitar Rp 131 triliun. 

Dalam dokumen yang diterbitkan Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI 2020, mayoritas anggaran pertahanan di Indonesia dipakai untuk belanja pegawai.

Pada APBN 2020, alokasi anggaran Kemenhan di antaranya 41,6 persen dari dana itu digunakan untuk belanja pegawai, 32,9 persen untuk belanja barang, dan 25,4 persen untuk belanja modal. Khusus untuk program modernisasi alutsista, alokasi anggarannya sebesar Rp 10,86 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini