Sukses

Kirab Warnai Pelantikan Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu oleh Jokowi di Istana

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Kepulauan Riau (Kepri), dan Bengkulu masa jabatan 2021-2024. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Tiga pasang kepala daerah itu dilantik Jokowi setelah terpilih dalam Pilkada 2020. Adapun Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yang dilantik adalah Mahyeldi dan Audy Joinaldy.

Sementara itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang dilantik yakni Ansar Ahmad dan Marlin Agustina. Kemudian, pasangan Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah juga akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat, Jokowi terlebih dahulu menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada tiga pasang kepala daerah di Istana Merdeka. Setelah itu, mereka melakukan prosesi kirab ke Istana Negara didampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 40P tahun 2021 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Guberur Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu masa jabatan 2021-204.

Selanjutnya, Jokowi membimbing tiga pasang kepala daerah itu mengucapkan sumpah jabatan gubernur-wakil gubernur.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata para kepala daerah bersamaan mengikuti ucapan Jokowi.

Berhubung di tengah situasi pandemi corona, acara pelantikan pun mengikuti protokol kesehatan. Baik Jokowi, Maruf Amin, dan para kepala daerah yang dilantik terlihat memakai masker dan menjaga jarak.

 

2 dari 3 halaman

Hasil Pilkada 2020

Seperti diketahui, Pilkada 2020 digelar pada 9 Desember di tengah masa pandemi Covid-19. Pilkada 2020 dilaksanakan di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy memenangi pertarungan Pilgub Sumatera Barat 2020 dengan total perolehan suara 725.763. KPU Sumbar menetapkan keduanya sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan dua pasangan calon lainnya.

Sedangkan, pasangan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina berhasil keluar jadi pemenang Pilkada Kepulauan Riau usai mengantongi 308.553 suara. Mereka didukung oleh empat partai politik yaitu Golkar, NasDem, PPP, dan PAN.

Selanjutnya, Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah ditetapkan sebagai Gubernur Bengkulu setelag memperoleh suara sebanyak 418,080 suara atau 41,20 persen. Keduanya mengalahkan dua pasangan calon lainnya yaitu Helmi Hasan-Muslihan Diding Sutrisno dan Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: