Sukses

Satgas Covid-19 Imbau Warga Pakai Masker Ganda, Medis dan Kain

Pemakaian masker ganda dinilai akan lebih efektif melindungi diri dari penularan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menekankan pentingnya penggunaan masker yang benar agar tak terpapar virus corona. Dia mengimbau masyarakat memakai masker ganda, yakni masker medis berlapis masker kain.

Hal ini merujuk pada penelitian Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada 13 Februari 2021 yang merekomendasikan cara baru memakai masker, yaitu masker ganda. Pemakaian masker ganda dinilai akan lebih efektif melindungi diri dari penularan Covid-19.

"Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya, dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," kata Wiku dikutip dari siaran persnya, Jumat (19/2/2021).

Kendati begitu, dia mengingatkan agar masyarakat tak memakai dua masker medis secara bersamaan. Pasalnya, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

Selain itu, Wiku mengatakan pemakaian masker KN95 tak bisa digabungkan dengan masker lainnya. Menurut dia, masker KN95 tak diperuntukkan melapisi masker jenis apa pun.

"Masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apa pun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya," jelasnya.

Dia juga meminta masyarakat menghindari penggunaan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus. Baik masker kain atau masker medis dapat ditingkatkan ketepatannya menangkal virus.

"Berbagai cara itu, sepeti menggunakan masker yang terdapat kawat menyesuaikan bentuk hidung, penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah," tutur Wiku.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu Pakai Masker

Cara selanjutnya, mengikat karet telinga dan melipat sisa masker apabila ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah. Sehingga, masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna.

"Perlu diperhatikan juga kemampuan filtrasi dalam menyaring masuknya virus," ucapnya.

Dia meminta masyarakat konsisten memakai masker baik saat berada di luar rumah maupun di dalam rumah. Pemerintah meyakini apabila masyarakat disiplin memakai masker, maka angka penularan kasus Covid-19 di tanah air akan menurun.

"Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting mengurangi risiko tertular dan menyebarkan Covid-19. Karena memakai masker yang benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," tutur Wiku.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.