Sukses

Formappi: Pro Kontra Revisi UU Pemilu Dipicu Strategi Pemenangan Parpol

Lucius Karus menilai pro kontra yang terjadi di DPR terhadap revisi UU Pemilu didasari adanya hitung-hitungan partai politik dalam menerapkan strategi pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai pro kontra yang terjadi di DPR terhadap revisi UU Pemilu didasari adanya hitung-hitungan partai politik dalam menerapkan strategi pada Pemilu 2024.

"Saya kira perkara strategi menyongsong pemilu 2024 itu juga memunculkan pro kontra terhadap RUU Pemilu," kata Lucius dalam diskusi daring, Sabtu (13/2/2021).

Dia melihat manuver parpol dalam pembahasan revisi UU Pemilu hal yang biasa. Karena masing-masing partai berhitung agar kepentingan politiknya bisa diakomodisi.

Salah satunya bisa dilihat saat melakukan revisi, pasti akan memakan waktu yang tak sebentar.

"Jadi selalu yang membuat proses revisi UU Pemilu itu menjadi lama karena apa yang kemudian direvisi itu terkait strategi pemenangan partai," ungkap Lucius.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parpol Baru Bergerak

Lucius menduga, parpol baru menghitung strategu mereka setelah revisi UU Pemilu ditetapkan masuk Prolegnas Prioritas 2021. Sehingga, banyak fraksi akhirnya melakukan manuver.

"Masing-masing fraksi mulai melakukan perhitungan peluang yang mereka bisa peroleh dengan rencana revisi UU Pemilu, termasuk melihat peluang menyatukan niat merevisi UU Pilkada sekaligus dalam UU Pemilu yang akan dilakukan," kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.