Sukses

BMKG Prakirakan 28 Daerah Hujan Deras Disertai Angin-Petir Sepekan Ini, Berikut Daftarnya

BMKG memprakirakan 28 wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, sepekan ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan 28 wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, sepekan ke depan.

Menurut analisis BMKG, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di 28 wilayah tersebut.

28 wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berikut rincian 28 wilayah tersebut:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Bengkulu

5. Sumatera Selatan

6. Lampung

7. Banten

8. DKI Jakarta

9. Jawa Barat

10. Jawa Tengah

11. DI Yogyakarta

12. Jawa Timur

13. Bali

14. Nusa Tenggara Barat

15. Nusa Tenggara Timur

16. Kalimantan Barat

17. Kalimantan Tengah

18. Kalimantan Timur

19. Kalimantan Utara

20. Sulawesi Utara

21. Gorontalo

22. Sulawesi Tengah

23. Sulawesi Selatan

24. Sulawesi Tenggara

25. Maluku

26. Maluku Utara

27. Papua Barat

28. Papua

 

"Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia. Selain itu, munculnya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara mendorong terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia," rinci Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Rabu 27 Januari 2021.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 di Antaranya Berpotensi Banjir

BMKG juga mewanti, ada enam wilayah berstatus siaga terdampak banjir hingga banjir bandang dalam 2 hari ini, yakni 28-29 Januari 2021. Berikut rincian wilayahnya:

1. Banten

2. DKI Jakarta

3. Jawa Barat

4. Jawa Tengah

5. Sulawesi Selatan

6. Papua Barat

3 dari 3 halaman

Imbauan

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.