Sukses

Sabam Sirait Apresiasi Langkah Jokowi Rombak Kabinet Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta - Politisi senior Sabam Sirait menghargai dan mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang melakukan reshuffle kabinet. Dalam perombakan itu, ada menteri baru dan ada juga yang dirotasi dari wakil menteri menjadi menteri.

"Pasti Presiden Joko Widodo sudah mempertimbangan dari banyak aspek dan sisi. Pasti juga sudah mempelajari orang-orang tertentu untuk diposisikan dimana saja," kata Sabam Sirait, yang merupakan senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta, saat dimintai tanggapannya, Jumat (25/12/2020).

Menurut Sabam, dalam menjalankan roda pemerintahan di tengah situasi yang kian terbuka, tentu perombakan kabinet sangat mungkin terjadi. Sebab rakyat juga bisa memberikan penilaian terhadap para menteri, yang bisa jadi itu juga menjadi masukan yang sangat berharga bagi Presiden.

"Kita yakin reshuffle yang dilakukan Presiden Joko Widodo adalah semata-mata untuk kepentingan masyarakat, terlebih di saat pandemi seperti ini," kata Sabam, yang juga anggota MPR RI paling senior dan penerima Bintang Mahaputera Utama dari negara ini.

Mantan anggota DPR dan Dewan Pertimbangan Agung (DPA) yang sudah berpolitik sejak zaman Bung Karno ini memahami benar niat baik Jokowi selama ini dalam mengurus dan mengelola negara.

Hal ini sebab, hubungan Sabam dengan Jokowi sudah lama. Pendiri Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada tahun 1973 ini ikut menjadi juru kampanye nasional saat Jokowi maju dalam Pilkada Solo. Dalam Pilkada DKI Jakarta, kediaman Sabam di Bintaro, Jakarta Selatan sering digunakan konsolidasi untuk pemenangan Jokowi. Pun demikian dalam Pilpres, Sabam ikut mendukung Jokowi menjadi Presiden pada 2014.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Selalu Mengutamakan Rakyat

Sabam juga sudah tahu rumah Joko Widodo di Solo. Sabam juga tahu keluarga Jokowi yang berprofesi sebagai pengusaha mebel. Jokowi sendiri sudah tiga kali ke kediaman Sabam.

"Saya tahu Jokowi itu orang yang sederhana dan baik. Saya percaya dia akan urus dan utamakan rakyat dengan sungguh-sungguh," ungkap Sabam.

Sabam menilai, kabinet baru ini sekaligus memberi harapan baru bagi Indonesia dan masyarakat di dalamnya, serta menumbuhkan semangat optimisme menyongsong tahun baru 2021 yang akan datang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: