Sukses

VIDEO BERANI BERUBAH: Tas Kesuksesan Kaum Ibu

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 memang menjadi suatu hambatan bagi banyak masyarakat. Namun, terjebak di dalam rumah tak berarti harus nihil pendapatan. Diawali hanya dengan sedikit kreativitas dan iseng, Hanifah yang bekerja sebagai seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) menggagas sebuah ide agar warga di daerahnya bisa berpenghasilan dari rumah.

Dia mendorong agar warga Desa Bagorejo, Jember, Jawa Timur mengisi waktu luangnya selama masa PSBB dengan memproduksi berbagai produk dari tali kaca. Helai demi helai tali kaca dianyam. Mulai dari dompet, berbagai model tas, hingga wadah tissue mampu mereka buat.

Agar tak terkesan kuno dan terlalu kosong, berbagai desain cantik juga ditambahkan kepada produk tali kaca ini menggunakan teknik airbrush dan decoupage.

Dipasarkan melalui media sosial maupun aplikasi belanja daring, permintaan kerajinan ini terus mengalir dari berbagai kota. Dalam sehari, satu orang perajin dapat mampu menghasilkan 10 jenis anyaman. Harga juga bervariasi, yakni mulai Rp100 ribu hingga Rp250 ribu per buah, tergantung ukuran dan motifnya.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.